Intensitas Hujan Tinggi, Masyarakat Sekitar Bantaran Sungai di Riau Diminta Waspada

Iklan Semua Halaman


Intensitas Hujan Tinggi, Masyarakat Sekitar Bantaran Sungai di Riau Diminta Waspada

Detik Perjuangan
Minggu, 18 April 2021

 


PEKANBARU - Dalam beberapa hari terakhir ini, intensitas curah hujan cukup tinggi terjadi hampir diseluruh wilayah Provinsi Riau.


Terkait hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau meminta masyarakat waspada terhadap banjir, terutama masyarakat yang ada di bantaran sungai.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edy Afrizal mengatakan peringatan dini terkait adanya potensi banjir tersebut juga sudah pihaknya sampaikan kepada BPBD 12 kabupaten/kota di Riau.


Potensi bencana tersebut juga akibat adanya bibit siklon tropis yang ada.


"Surat edaran terkait peningkatan kewaspadaan terhadap siklon tropis sudah kami kirimkan ke pihak BPBD 12 kabupaten/kota. Surat ini juga menindaklanjuti surat edaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata Edy, Minggu (18/4/2021)


Lebih lanjut dikatakannya, beberapa wilayah di Riau yang perlu waspada banjir bandang dan tanah longsor yakni di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, serta Indragiri Hulu.


Pasalnya, lokasi tersebut dilewati sungai besar dan juga ada daerahnya yang berbukit.


"Daerah yang perlu waspada longsor dan banjir bandang yakni Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hilir. Termasuk juga di Pekanbaru saat ini rawan terjadi banjir dibeberapa titik," ujarnya.


Selain di lokasi tersebut, daerah yang perlu diwaspadai dengan adanya potensi siklon tropis yakni daerah pesisir Riau.


 "Terutama untuk kegiatan pelayanan karena dikhawatirkan bisa sewaktu-waktu muncul gelombang tinggi," jelasnya.