Pemungutan Suara Ulang di Inhu dan Rohul, 854 Personel TNI-Polri Diterjunkan

Iklan Semua Halaman


Pemungutan Suara Ulang di Inhu dan Rohul, 854 Personel TNI-Polri Diterjunkan

Detik Perjuangan
Senin, 19 April 2021

 



PEKANBARU - Sebanyak 764 personel Polri Polda Riau dibantu 90 personel TNI mempersiapkan pengamanan untuk mendukung terselenggaranya pemilihan suara ulang (PSU) pada 26 TPS di dua wilayah Kabupaten Indragiri Hulu dan Rokan Hulu.


Pemilihan suara ulang ini sesuai keputusan MK, yang akan digelar pada Rabu (21/4/2021) mendatang.


Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Efendi melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto menerangkan bahwa Kepolisian Polda Riau memberikan atensi khusus untuk pengamanan PSU di 26 TPS yakni di wilayah Inhu 1 TPS dan di Rokan Hulu 25 TPS.


Hal ini menurutnya sesuai surat permintaan pengamanan dari KPU dan Bawaslu kepada pihak Kepolisian.


“Sebanyak 764 personel Polri (termasuk didalamnya 194 personel BKO Brimob) dan didukung 90 personel TNI dengan total 854 orang akan diterjunkan untuk mengamankan jalannya PSU," kata Sunarto, Minggu (18/4/2021).


Untuk itu, pihaknya juga mengakui bahwa telah membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) sesuai keputusan Bawaslu dalam PSU di dua kabupaten ini.


“Sesuai Keputusan Bawaslu Provinsi Riau Nomor : 048/PP/.00.01/K/05/2021 tanggal 9 Apri 2021 telah ditetapkan Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Sentra Gakkumdu Provinsi Riau dalam rangka pemungutan suara ulang pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati pada Provinsi Riau tahun 2020.


Tim Gakkumdu juga akan bekerja maksimal mendukung terselenggaranya PSU yang jujur adil di kedua wilayah kabupaten ini," ungkapnya.


Narto menyampaikan himbauan kepada masyarakat dan semua pihak untuk bersama sama mendukung terselenggaranya PSU dikedua wilayah tersebut dengan aman dan tertib.


“Saya menghimbau dan mengajak semua pihak, mari bersama sama kita dukung penyelenggaraan pemilihan suara ulang ini agar berjalan dengan aman dan tertib dengan menjalankan ptokol kesehatan secara ketat, untuk menghindari penyebaran virus covid-19, yang memiliki hak suara silakan gunakan hak suaranya dan kami jamin keamanannya," ujarnya.




FOTO : Apel gabungan pengamanan pemungutan suara ulang di Kabupaten Inhu dan Rohul.(ist)