Harga CPO Melesat, Ikut Pengaruhi Naiknya Harga Sawit Pekan Ini

Iklan Semua Halaman


Harga CPO Melesat, Ikut Pengaruhi Naiknya Harga Sawit Pekan Ini

Detik Perjuangan
Selasa, 11 Mei 2021

 


 


Pekanbaru- (detikperjuangan.com) - Harga kelapa sawit periode 12 – 18 Mei 2021 mengalami kenaikkan pada setiap kelompok umur. Kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 46,62/Kg dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.563,75/Kg.

Kepala dinas perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, naiknya harga sawit minggu ini karena harga  minyak sawit mentah (Crude PalmOil/CPO) berhasil melesat dan mencetak rekor kenaikan dalam sepekan.

"Setelah pada awal pekan diprediksi bakal terkoreksi seiring minimnya katalis dan sentimen kasus Covid-19 di India yang semakin memburuk, harga CPO malah berhasil melonjak tinggi sampai perdagangan Jumat lalu," katanya.

Pada penutupan perdagangan Jumat (7/5/2021), harga kontrak pengiriman Juli yang aktif ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange melesat 5,03% ke RM 4.427/ton. Harga ini merupakan yang tertinggi setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

"Adapun dalam sepekan, harga kontrak (futures) CPO berhasil melonjak 14,45% dan kembali menembus level psikologis RM 4.000/ton. Setelah langsung 'tancap gas' pada Senin (3/5), harga CPO tercatat satu kali melorot, yakni pada Selasa (4/5) di harga RM 4.042/ton," jelasnya.

Setelah itu, harga minyak nabati ini terus menanjak selama 3 hari beruntun. Kenaikan harga CPO pekan ini didorong oleh sentimen positif, sebut saja, oleh naiknya harga komoditas pertanian lain dan melesatnya harga minyak mentah.( PAS/ dpc)