Manfaatkan Limbah Konveksi Menjadi Tanjak, Mahasiswa Unilak Lolos Hibah Program Berwirausaha

Iklan Semua Halaman


Manfaatkan Limbah Konveksi Menjadi Tanjak, Mahasiswa Unilak Lolos Hibah Program Berwirausaha

Detik Perjuangan
Rabu, 05 Mei 2021

 



Pekanbaru - (detikperjuangan.ckm) Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang terdiri dari Lola Reza Anjelina (ketua), dengan anggota Nordiansya Albab dan Nurhayati memenangkan kompetisi dana hibah Program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) di Kemendikbud RI. Pengumuman lolosnya tim mahasiswa FIB Unilak berdasarkan surat pengumumun pertanggal 2 Mei yang di tandatangani oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi.

Dalam pengumuman tersebut ada 537 perguruan tinggi di Indonesia yang lolos porgam KBMI. Keberhasilan mahasiswa Unilak mengulang prestasi yang sama pada tahun 2020 lalu. Dalam program KBMI ini, tim FIB Unilak mengusulkan judul proposal “Tanjak Wak”: Industri Kreatif Sortiran limbah Konveksi menjadi Tanjak dan Baju Melayu yang Mencerminkan karakter Fesyen berbusana melayu di Kota Pekanbaru. 

Lola Reza Anjelina Ketua Tim Mahasiswa FIB Unilak mengatakan ide awal nya adalah banyak sisa sisa kain konveksi/kain perca yang banyak di temukan dan tidak terpakai,  kemudian  dimodifikasi menjadi kreasi tanjak.

"Tanjakan yang kami buat ini Kami kombinasikan antara sisa sisa kain perca dengan fashion sehingga menghasilkan tanjak yang tidak terlalu berat, tidak formal. Kami menambahkan desain yang kekinian, dan semua kalangan bisa pakai," ujarnya.

Dijelaskan Lola, dirinya pun tak menyangka bisa dapat lolos hibah. Kami senang dapat lolos, Alhamdulillah terima kasih, kepada Bu Nabella atas dukungannya, beliau sangat berjasa atas perbaikan-perbaikan proposal.

Ditambahkan Lola Tanjak dibuat ada beberapa model, diantaranya kami kombinasi dengan kain songket beraneka warna sesuai dengan model warna, kemudian kami padukan dengan warna kain dasar.

Sementara itu Wakil Rektor III Unilak, Dr. Bagio Kadaryanto memberikan apresiasi atas capaian mahasiswa FIB. Ia mengatakan, lolosnya mahasiswa FIB tidak lepas dari peran kepala P2K2 Unilak almarhumah Nabella Puspa Rani dalam menyiapkan, membantu dan membimbing. 

"Beliau memang sangat peduli dan memiliki komitmen yang besar supaya mahasiswa Unilak dapat lolos hibah KBMI dan tahun ini berhasil, dan menjadi tahun kedua berturut turut," katanya. 

Dijelaskan Bagio, bahwa atas capaian lolos hibah ini semoga mahasiswa Unilak lainya termotivasi untuk dapat berprestasi pada kompetisi yang ada. 

"Unilak mendorong dan mendukung program kewirausahaan sejak mahasiswa dengan memberikan pelatihan dan pendampingan, jadi bagi adik adik yang baru lulus SMA ingin membangun kewirausahaan maka dapat memilih Unilak sebagai tempat kuliah," tandasnya.(PAS/ dpc)