Razia Protokol Kesehatan di Pekanbaru, 3 Warga Reaktif Covid-19

Iklan Semua Halaman


Razia Protokol Kesehatan di Pekanbaru, 3 Warga Reaktif Covid-19

Detik Perjuangan
Minggu, 23 Mei 2021

 

FOTO : Satgas penanganan covid-19 saat melakukan razia di tempat keramaian yang berada di Kota Pekanbaru.(Dok Satgas Covid-19 Pekanbaru)


Pekanbaru-  (detikperjuangan.com) - Satuan tugas penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Riau mendapati sejumlah warga yang terindikasi Covid-19 dalam gelar razia protokol kesehatan, pada Sabtu (22/5/2021) malam kemarin.

Indikasi ini berdasarkan hasil rapid tes antigen yang dilakukan petugas kepada warga yang terjaring razia. Saat petugas RSD Madani melakukan rapid tes antigen terhadap ratusan warga yang terjaring, tiga orang diantaranya reaktif Covid-19.

Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru terdiri dari Satpol PP, Polresta, TNI, Dishub dan dinas terkait lainnya.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang mengatakan, berdasarkan data, setidaknya ada tiga orang warga yang reaktif Covid-19.

Warga yang terindikasi reaktif itupun langsung dibawa petugas menuju Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani kota Pekanbaru. 

"Ada dua lokasi yang dirazia, dari dua lokasi itu, 3 orang ditemukan reaktif Covid-19. Langsung kita bawa ke RSD Madani," kata Iwan, Minggu (24/5/2021).

Iwan menjelaskan, lokasi yang dimaksud adalah tempat makan Radar 1 dan Bandrek House 46. Dari dua lokasi ini, ratusan warga terjaring razia karena tidak mengindahkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dari tiga orang yang dinyatakan reaktif Covid-19, satu diantaranya terjaring razia di tempat makan Radar 1 Jalan Jenderal Sudirman, dan dua orang di bandrek house 46 Jalan Tuanku Tambusai.

"67 orang yang terjaring di sekitar tempat makan Radar 1. Dikumpulkan di tempat nongkrong skoteng untuk rapid test antigen. Hasilnya, satu orang reaktif Covid-19," jelasnya.

Kemudian petugas bergerak ke Jalan Tuanku Tambusai tepatnya di Bandrek House 46.

Di lokasi ini, petugas berhasil mengamankan ratusan orang, termasuk pengendara yang tidak memakai masker.

"Dari ratusan warga yang di tes swab antigen di bandrek house 46, dua orang dinyatakan reaktif Covid-19. Semua yang reaktif Covid-19 langsung dibawa ke RS Madani Pekanbaru," ujar Iwan Simatupang.

Selain di dua lokasi, petugas juga menjaring pengendara yang tidak memakai masker.

"Di tempat makan Radar 1 ada 67 orang terjaring, dan di Bandrek House 46 ada ratusan warga yang kita jaring, termasuk pengendara yang tidak memakai masker," pungkasnya. ( PAS/ dpc)