Loading...

Pertama di Indonesia, Madu Hutan Hasil Alam dari Riau Miliki Sertifikat SNI

 

FOTO : Badan Standardisasi Nasional (BSN) Riau secara simbolis memberikan label SNI kepada pemilik usaha madu hutan dari Riau.(ist/dok BSN Riau)


Pekanbaru- ( detikperjuangan.com)-  Pertama di Indonesia, madu hutan dengan merk dagang Wilbi dari Riau resmi memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI).

Penerapan SNI ini menjadi jaminan bagi konsumen bahwa madu yang diambil dari hasil alam Negeri Lancang Kuning ini memiliki mutu sesuai standar SNI.

Riau sebagai salah satu provinsi penghasil madu hutan terbesar di Indonesia telah dikenal dengan kualitas madu yang baik.

Untuk menjamin kemurnian dan kesegaran madu yang dijual, salah satu UMKM penghasil madu di Provinsi Riau, Rumah Madu Wilbi, telah berhasil memperoleh sertifikat SNI.

Keberhasilan ini membuat madu hutan yang diproduksi oleh Rumah Madu Wilbi sebagai madu hutan pertama di Indonesia yang berlabel SNI.

Kepala Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (BSN) Riau, Juanda menyampaikan bahwa komitmen yang ditunjukkan Rumah Madu Wilbi selama proses pengurusan sertifikasi SNI dari tahun 2020 menjadikan madu wilbi sebagai madu pertama yang bersertifikat SNI.




"Kebutuhan dan kesadaran masyarakat terhadap konsumsi makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kesehatan semakin meningkat, seiring dengan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung. Salah satu minuman yang telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan adalah madu," kata Juanda, Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, madu merupakan cairan alami yang umumnya mempunyai rasa manis yang dihasilkan oleh lebah madu (Apis sp) dari sari bunga tanaman atau bagian lain dari tanaman.

Berdasarkan persyaratan mutu pada Standar Nasional Indonesia produk madu (SNI 8664:2020), madu dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu madu hutan, madu budidaya dan madu trigona.

Juanda mengungkapkan, penyerahan Surat Persetujuan Penggunaan Tanda SNI (SPPT SNI) kepada pemilik usaha Rumah Madu Wilbi dilakukan secara simbolis di kantor KLT BSN Riau, Senin 26 April 2021.

Pemilik usaha Leni, menyampaikan ucapan terima kasih kepada KLT BSN Riau yang telah membantu dan memfasilitasi proses sertifikasi SNI.

"Dengan adanya pembinaan dan pendampingan dari BSN, alhamdulilah semua persyaratan dan prosedur untuk mendapatkan logo SNI dapat kami penuhi," kata Leni.

Rumah Madu Wilbi berkomitmen menyediakan produk madu yg berkualitas dan terstandar, sebagai jaminan kepuasan konsumen. Dengan adanya penggunaan label ber SNI dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan konsumen atas kualitas Madu Wilbi dari Riau. ( PAS/ dpc)



Lebih baru Lebih lama