Loading...

Desa Sebangar Wakili Propinsi Riau



Bathin Solapan ( detikperjuangan.com)- Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis terpilih mewakili Provinsi Riau mengikuti penilaian Keterbukaan Informasi Publik ( KIP)  tingkat nasional.

Desa Sebangar akan bersaing dengan 33 Desa lain di Indonesia. Penilaian ini dilaksanakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Komisi Informasi Pusat.

Bupati Bengkalis diwakili Sekda H Bustami HY, menyampaikan ucapan selamat dan turut bangga dengan Pemerintah Desa Sebangar.

Untuk melihat sejauh mana persiapan yang dilakukan, Sekda H Bustami HY berkunjung langsung ke Kantor Desa Sebangar, Jum'at, 25 Juni 2021, didampingi Ketua Komisi Informasi Riau Zupra Irwan.

Bustami meminta Kades Sebangar Ahmad Syuhada untuk aktif berkoordinasi ke semua lini terkait, agar Desa Sebanggar jadi yang terbaik di Nasional.

"Kami bangga dengan terpilihnya Desa ini mewakili Riau, untuk itu kita harus menghargai usulan ini dengan persiapan matang, semoga bisa menang.,", harap Sekda.

Bustami mengatakan, waktu yang dimiliki masih cukup untuk mematangkan persiapan sebelum tim penilai turun.

"Ketika desa ini jadi yang terbaik, maka citra Bengkalis ikut naik begitu juga dengan citra provinsi," katanya memotivasi.

Ketua Komisi Informasi Riau Zupra Irwan menerangkan, Desa Sebangar dipilih menjadi perwakilan Riau, karena Desa ini yang paling siap. Terlebih dukungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap keterbukaan informasi publik cukup tinggi.

Kriteria penilaian desa terdiri dari dua komponen yakni komitmen dengan bobot 60 persen dan SDM dengan bobot 40 persen.

Dari segi komitmen, Desa Sebangar telah memiliki Perdes terkait keterbukaan informasi, memiliki anggaran khusus pelayanan informasi publik dan memiliki system informasi desa.

Sedangkan untuk kriteria SDM, Desa Sebangar telah memiliki PPID/tim pelayanan keterbukaan informasi publik, memiliki SK terkait pelayanan keterbukaan informasi publik dan pernah mengikuti peningkatan kapasitas terkait pelayanan keterbukaan informasi publik di desa.

Meski sudah cukup lengkap, namun Zupra mengingatkan agar Desa Sebangar lebih mematangkan persiapan didampingi tim KI Riau.

"Semoga desa ini bisa jadi yang terbaik di Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik dan menjadi contoh, sebab transparansi atau keterbukaan informasi menyelamatkan aparatur dari hukum," pungkasnya.

Ikut serta bersama Sekda, Kabid PPIP Diskominfotik Mohd Elkhusairi, Camat Bathin Solapan Wahyuddin dan perwakilan Dinas PMD Renaldi.(diskominfotik/ dpc)

Lebih baru Lebih lama