Sidak Lapas dan Rutan, Petugas Temukan Sajam Modifikasi dari Sendok

 



Pekanbaru (detikperjuangan.com) - Petugas gabungan yang terdiri dari petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru, Jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekanbaru, dibantu petugas TNI-Polri melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Lapas dan Rutan, pada Senin (31/5/21).

Sebelum dilakukan sidak, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau M Hilal memimpin apel siaga yang bertempat di Rutan Kelas I Pekanbaru. Apel diikuti oleh seluruh jajaran UPT se-Kota Pekanbaru.

Dalam Arahannya, Kadivpas menyampaikan instruksi Dirjen Pemasyarakatan terkait tiga kata kunci pemasyarakatan maju. Yakni Pertama, melakukan deteksi dini, kedua memberantas narkoba serta ketiga sinergitas dengan aparat penegak hukum.

Pada pukul 19.00 WIB petugas gabungan dengan melipatkan TNI/Polri langsung bergerak menyebar ke semua titik Lapas dan Rutan di Kota Pekanbaru. Yakni Rutan Pekanbaru, Lapas Pekanbaru, Lapas Perempuan Pekanbaru, Lapas Narkotika Rumbai, Lapas Anak Pekanbaru dan tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Dari hasil sidak tersebut, di Rutan Kelas I Pekanbaru petugas gabungan menemukan sejumlah barang antara lain mulai dari handphone, pemanas air, senjata tajam (sajam) yang dimodifikasi dari sendok besi, sikat gigi, dan sejumlah alat elektronik lainnya.

"Kegiatan razia serentak ini memang bertujuan untuk membersihkan berbagai barang-barang milik narapidana yang tidak diperkenankan untuk digunakan selama menjalani masa kurungan mereka," kata Hilal.

Operasi gabungan ini menurut Hilal lagi,  sebagai bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Riau dalam memberantas narkoba, handphone dan obat-obatan terlarang di dalam lapas dan rutan.

Inspeksi ini dilakukan dengan santun, namun tetap mengikuti SOP yang sudah ada. Kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif. Tidak ada perlawanan dari warga binaan selama operasi digelar. ( PAS/ dpc)
Lebih baru Lebih lama