Loading...

UPT Dukcapil Mandau Siap Laksanakan Program Jebol Master Sampai Door to Door

 





Mandau- (detikperjuangan.com)- Guna merealisasikan program unggulan Pemkab Bengkalis Jemput Bola Masif dan Terintegrasi ( Jebol Master) serta mencapai target Up date data anak usia 0-18 tahun, UPT Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil) Kecamatan Mandau akan memaksimalkan  pelayanan hingga door to door.Pelayanan ini  sebagai lanjutan dari Jebol Master yang saat ini sedang berlangsung di setiap RW.


" Sebelumnya sudah dilaksanakan di setiap kantor Lurah ,dinilai belum maksimal kemudian dilanjutkan di setiap RW ,dan bisa saja nantinya kita lanjutkan door to door.Tujuan nya adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.Sehingga warga dapat mengurus administrasi kependudukan di rumah saja,", kata Kepala UPT Dukcapil Mandau Dra Irdawati saat diruangannya (17/6/21) .





Dikatakannya bahwa pihaknya telah melakukan Jebol Master di 3 Kelurahan yang ada di Mandau diantaranya Kelurahan Pematang Pudu  Talang Mandi dan saat ini sedang berlangsung di 25 RW se kelurahan Air Jamban.


" Dan hal ini akan berlanjut  menjangkau  wilayah Kelurahan lainnya .Hari ini merupakan hari ke 4 di Kelurahan Air Jamban.Setiap hari ratusan warga  mendapat pelayanan untuk pengurusan berbagai administrasi kependudukan diantaranya akte nikah akte kematian dan up date akte kelahiran  juga pengurusan KTP dan KK.Program  layanan Jebol Master akan menyasar lingkungan warga di masing-masing RW se-Kelurahan Air Jamban. Pelayanan terintegrasi seputar fungsi dan tugas Disdukcapil bakal digencarkan di tengah masyarakat,", imbuhnya.





Lurah Air Jamban Zama Rico D  mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak Bupati Bengkalis melalui Dinas  Dukcapil dengan program Jebol Master ini.Hal ini sangat mendukung terkait masih rendahnya data base akte kelahiran anak di tengah masyarakat.Dengan sistim jemput bola ini warga akan menambah motivasi warga atas pentingnya administrasi kependudukan.


"Sebelumnya warga yang datang ke kantor Dukcapil.Tapi hari ini  petugas Capil lah yang datang dan melayani masyarakat di setiap RW .Pada saat petugas Dukcapil  datang ke kantor Lurah ternyata belum menggairahkan  secara maksimal. Namun setelah petugas Dukcapil datang ke RW  barulah nampak antusias masyarakat mengurus administrasi kependudukan secara significant .,", terang Lurah terpadat penduduk di Kecamatan Mandau ini.


Untuk program ini lanjut Lurah ,pihaknya menempatkan pegawai kantor Lurah di titik tersebut.Sejingga saat warga membutuhkan surat dari kelurahan lansung bisa ditetbitkan di lokasi tanpa harus bolak balik ke kantor Lurah lagi.


Dalam kegiatan ini kata Zama setiap warga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti wajib masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

" Terima kasih kepada Bupati Bengkalis atas realisasi program ini.Karena sudah membantu masyarakat dengan berbagai kemudahan.Kita optimis melalui program Jebol Master ini masyarakat dapat terbantu dan teredukasi untuk mendapatkan  administrasi kependudukannya.Kita harapkan selain akte kelahiran ,akte kematian  ,akte nikah juga melayani KTP  KK warga.Sehingga  target  up date data anak usia 0- 18 tahun secara nasional dapat tercapai dengan baik,", pungkas Lurah Air Jamban Mandau ( jon/ dpc)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama