Berkat Produk Olahan Biji Getah, Dewi Melinda Wakili Riau ke Level Nasional

 



Bengkalis (detikperjuangan.com) - Jerih payah dan konsistensi Dewi Melinda, warga Kabupaten Bengkalis dalam mengolah biji getah menjadi panganan yang lezat akhirnya berbuah prestasi bagi Kabupaten Bengkalis, bahkan Provinsi Riau.

Wanita asal Desa Berancah, Kecamatan Bantan ini menjadi duta Provinsi Riau di level nasional pada ajang pemuda pelopor.

"Alhamdulillah, Dewi dapat juara 1 bidang pangan, khususnya dalam inovasi biji getah menjadi salah satu bahan bakunya. InsyaAllah bulan Oktober nanti, Dewi berangkat ke Jakarta mewakili Riau," kata Dewi, lewat pesan WhatsApp, Jumat (16/7/2021).

Ia menjelaskan, peserta yang ikut dalam ajang pemuda pelopor berasal dari seluruh kabupaten/kota se-Riau berjumlah 27 orang.

Dari jumlah tersebut, Dewi si Biji Getah menyabet salah satu kategori yakni inovasi biji getah menjadi produk unggulan lokal Riau. 

Sebelumnya, selain menjadi duta Riau di ajang nasional, belum lama ini, ibu dari satu anak ini juga mendapat penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo, berupa sertifikat Best Award 2020, sebagai Duta UMKM Brilian perwakilan Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau.

Lagi-lagi, prestasi tersebut diraih dari keteguhan mengolah biji getah menjadi berbagai produk unggulan tadi.

Kerja keras Dewi, tak hanya mengolah panganan khas ini, namun dia juga berusaha menjalin kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta, agar produknya makin dikenal. 

Terbukti, sebanyak sepuluh jenis panganan yang diolahnya, masuk daftar produk top brand atau produk unggulan Kabupaten Bengkalis berdasarkan hasil penilaian dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Riau. Tak hanya itu, karya Dewi Melinda ini juga telah mendapat hak paten dari instansi terkait.

Dewi mengungkapkan, prestasi yang diraih sehingga mampu menjadi duta Provinsi Riau di level nasional tak lepas dari dukungan semua pihak yang terus memberikan motivasi dan dukungan, sehingga menjadi kekuatan bagi dirinya.

"Prestasi yang saya capai ini, tak lepas dukungan semua pihak. Saya sangat berterima kasih kepada Bupati Bengkalis Bunda Kasmarni, Dinas Koperasi UKM, anggota DPRD, Camat Bantan, pemerintah desa Berancah dan seluruh pihak yang mendukung," ungkapnya


Atas prestasi yang diraih Dewi Melinda, Bupati Bengkalis Kasmarni lewat keterangan tertulisnya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kegigihan Dewi dalam mengolah buah karet atau biji getah menjadi panganan unggulan Kabupaten Bengkalis. 

"Atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah kabupaten Bengkalis, kami memberikan apresiasi kepada saudari Dewi Melinda yang menjadi duta Provinsi Riau di level nasional," ungkapnya.

Mantan Camat Pinggir ini mengaku bangga atas inovasi saudari Dewi yang mengolah panganan dari bahan baku biji getah. Hal ini sebuah terobosan bagus untuk meningkatkan daya inovasi dan daya saing generasi muda. 

Menurutnya, hendaknya inovasi ini mampu memacu semangat generasi muda negeri junjungan untuk menjadi pelopor perubahan daerahnya, sehingga mampu mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

"Kami sangat mendukung inovasi saudari Dewi. Teruslah berkarya dan berinovasi demi kemajuan daerah ini," dukungnya.( PAS/dpc)
Lebih baru Lebih lama