Loading...

Posko PPKM Berperan Tekan Penyebaran Covid-19, Kasus di Mandau Nihil

 



Duri- (detikperjuangan.com)-Kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis mengalami penurunan yang cukup signifikan. Terhitung, sejak tiga hari ini, wilayah Bengkalis daratan ini nihil kasus.

Hal itu berkat kerjasama dan sinergi dari unsur-unsur yang terlibat dalam penanganan kasus, baik tenaga medis, TNI-Polri, dan petugas satgas covid-19 di tingkat kecamatan hingga kelurahan.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Mandau, Riki Rihardi S.STP M.Si mengungkapkan, bahwa turunnya angka kasus covid-19 itu lantaran kerjasama semua pihak.

"Alhamdulillah, penurunan kasus ini berkat kerjasama semua pihak yang terus melakukan penindakan dan sosialisasi kepada masyarakat," kata Riki, Kamis (9/9/2021).

Dijelaskan Camat Mandau ini, bahwa salah satu indikator penurunan kasus tersebut juga berpengaruh lewat keberadaan posko-posko PPKM yang tersebar di kelurahan-kelurahan di Mandau.

Dalam hal itu, ada sebanyak 20 Posko PPKM beserta petugas yang melakukan pemantauan protokol kesehatan di Mandau, Kabupaten Bengkalis. Bahkan beberapa waktu lalu juga vaksinasi dilakukan di posko-posko tersebut.

"Kita ada 20 posko PPKM yang didirikan selama ini. Untuk lokasinya tidak menentu, ada yang di kelurahan 3 posko, ada juga yang 1 posko, tergantung dengan sebaran kasus tersebut," ungkap alumni IPDN ini.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk bekerjasama dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dalam hal ini, kesadaran warga untuk mengurangi mobilitas di luar hingga menghindari kerumunan menjadi harapan.

"Tiga hari ini alhamdulillah di Mandau nihil kasus Covid-19. Ini msti kita pertahankan," tuturnya.

Di samping itu, Kabupaten Bengkalis yang tercatat berada di PPKM level 3, Riki juga mengimbau kepada warga yang menggelar hajatan agar mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Sebab, menurutnya, sudah pasti terjadi keramaian dan tamu tidak hanya dari warga setempat. "Makanya ini perlu ditekankan prokesnya," ujarnya.

Kemudian pekan depan, pembelajaran tatap muka juga sudah mulai dilaksankan Kabupaten Bengkalis. Untuk di wilayah Kecamatan Mandau, ia meminta warga dan sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka 50 persen itu agar dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Dalam hal ini satgas covid-19 di Kecamatan Mandau juga akan memantau jalannya prokes di pembelajaran tatap muka itu. Hal ini supaya semuanya berjalan aman dan Prokes tetap dipatuhi," tegasnya.

Saat ini, Kabupaten Bengkalis berada di PPKM level 3, sama dengan kota Pekanbaru.

Selain itu, ada sejumlah daerah lain di Provinsi Riau yang berstatus PPKM level 3. Di antaranya, Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, kota Dumai, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kabupaten Siak.

Mengacu pada Instruksi mendagri 41/2021, pemerintah mengizinkan acara kemasyarakatan seperti resepsi pernikahan di wilayah PPKM level 3. Hanya saja, kapasitas tamu undangan maksimal 50 persen.( jon/ dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama