Loading...

PPKM di Pekanbaru Bakal Turun ke Level III, Wali Kota Bilang Begini

 


Pekanbaru (detikperjuangan.com) - Berdasarkan hasil evaluasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru mengklaim Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah turun ke level III. Kondisi itu lantaran sebaran kasus COVID19 alami penurunan setelah tiga kali perpanjangan PPKM level IV.


Wali kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan, Satgas Penanganan COVID-19 sudah melakukan evaluasi sementara terkait perpanjangan PPKM level IV. Mereka mendata ada penurunan kasus sejak beberapa hari terakhir.


"Hasil evaluasi sementara tim satgas di Kota Pekanbaru, kita sudah turun ke PPKM level III," kata Wali kota, pada Minggu, (5/9/2021).


Ia mengungkapkan, tim satgas melakukan evaluasi setiap awal pekan. Namun, Pemko masih menunggu hasil evaluasi perpanjangan PPKM level IV di satgas nasional. Ia berharap Kota Pekanbaru bisa turun dari level IV ke level III.


Saat ini, kasus aktif Covid-19 di Kota Pekanbaru sebanyak 1.783 kasus. "Memang kasus harian fluktuatif, tapi ada tren penurunan dari PPKM sebelumnya. Maka kita berharap bisa turun level, minimal level III," jelasnya.


Selain melonggarkan ekonomi, jika PPKM Level III, Pemko juga berencana menggelar belajar tatap muka secara terbatas di sekolah. Ia mengimbau masyarakat agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.


Walaupun saat ini terjadi tren penurunan kasus, masyarakat jangan abai dalam menerapkan prokes terutama dalam menggunakan masker dan menjaga jarak.


"Maka jangan lengah, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan," jelasnya.

Lebih baru Lebih lama