Loading...

Sekdako Dumai Hadiri Penyerahan Kartu BPJS Mandiri Bagi Peserta Peralihan BPJS Mandiri ke PBI




Dumai -(detikperjuangan.com)- Walikota Dumai, dalam hal ini diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Syahrinaldi, S.Sos, M.Si menghadiri acara Penyerahan Kartu BPJS Kesehatan bagi Peserta Peralihan BPJS Mandiri ke Penerima Bantuan Iuran (PBI)-APBD Kota Dumai, bertempat di Aula Kecamatan Dumai Barat, Kamis (9/9/2021).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful, MKM pada kesempatan ini mengungkap, sebanyak 6166 kartu BPJS PBI yang dibiayai oleh pemerintah daerah, diserahkan kepada masyarakat masing-masing kecamatan.

"Masyarakat yang menerima kartu ini adalah penambahan kepesertaan PBI Kota Dumai, baik dari pindahan dari BPJS Mandiri ke PBI, atau yang belum memiliki kartu sama sekali, dengan kriteria masyarakat tersebut kurang mampu dan bersedia dirawat diruang III RSUD Dumai," ungkapnya.

Beliau menjelaskan enam ribuan penerima kartu BPJS-PBI ini adalah penambahan yang berasal dari penginputan data Tahun 2020 kemarin.

"Untuk Tahun 2021, saat ini masih dalam proses penginputan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, BPJS akan mencetak kartu yang terbaru lagi," kata dr. Syaiful.

Untuk skema pembiayaan jaminan kesehatan ini, beliau menyampaikan telah terjalin kerjasama (budget sharing) antar Pemko Dumai dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. 

"Untuk pembayaran premi ini, Pemprov Riau akan menanggung iuran sebanyak 55% dan Pemko Dumai sebanyak 45%," ucapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, drg. Harie Wibhawa, AAK menambahkan, untuk Tahun 2021 saat ini, sudah berproses 1.328 jiwa yang sudah dialihkan dari kepesertaan mandiri yang menunggak ke PBI-APBD.





"Terkait kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Dumai, dari jumlah penduduk kurang lebih tiga ratus sembilan belas ribuan, saat ini sudah mendekati angka 87% yang telah memiliki kartu Jaminan Kesehatan," ucapnya.

Ia sangat mengapresiasi program Walikota Dumai dalam upaya memberikan kepastian jaminan kepada masyarakat yang menunggak yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan.

Pj. Sekda Dumai dalam sambutan Walikota Dumai menyampaikan, PBI-APBD ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk hadir ditengah-tengah masyarakat dengan mengalokasikan dana bagi perlindungan kesehatan.

"Kepada seluruh faskes yang ditunjuk, diintruksikan untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan segmen PBI-APBD. Kita ada untuk mereka. Menolong sesama adalah inti dari pelayanan itu sendiri," ucapnya.

Beliau juga berharap, kepada seluruh Camat, Lurah, Dinkes, dan Dinas Sosial untuk terus memantapkan koordinasi, baik dalam hal pemutakhiran data, maupun hal lain terkait program kesehatan masyarakat.

"Kepada masyarakat penerima manfaat, mari kita jaga dan gunakan kartu tersebut sebaik-baiknya. Manfaatkan fasilitas kesehatan yang ada dan jaga terus kesehatan bapak/ibu. Dukung kami dalam upaya menciptakan kesejahteraan dibidang kesehatan bagi masyarakat Kota Dumai," pungkasnya.

Agenda dilanjutkan dengan penyerahan kartu BPJS Kesehatan bagi Peserta Peralihan BPJS Mandiri, ke Peserta BPJS PBI-APBD Kota Dumai secara simbolis oleh Pj. Sekda Kota Dumai, didampingi Plt. Kadiskes Dumai, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, serta para Camat dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir pada kesempatan ini, Para Camat se Kota Dumai, Lurah dilingkup Pemko Dumai yang berkesempatan hadir, serta perwakilan masyarakat penerima manfaat. ( red/dpc) 
 

Sumber : Diskominfotik Dumai. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama