Loading...

Wabup Bengkalis Kukuhkan Pengurus Paguyuban Etnis Jawa " Setyo Budoyo," Kabupaten Bengkalis di Desa Bathin Betuah

 


 


Mandau ( detikperjuangan.com)- Mewakili Bupati Bengkalis ,Wakil Bupati H Bagus Santoso mengukuhkan pengurus Paguyuban Etnis Jawa Setio Budoyo Kabupaten Bengkalis  Sabtu (2/10/21) sore.Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Mekar Sari RT05 RW 03 Desa Bathin Betuah Kecamatan
 Mandau tersebut diprakarsai oleh Group Kuda Lumping Krido Turonggo Betuah  Manunggal ( KTBM ).

Selain Wakil Bupati Bengkalis juga hadir Camat Mandau Riki Rihardi,SSTP,MSi,Sekcam Yoan Dema,Kades Bathin Betuah Prayetno,para tokoh Etnis Jawa ,tokoh masyarakat lainnya dan juga warga sekitar.Kegiatan berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.




Camat Mandau Riki Rihardi,SSTP,MSi dalam sambutannya menyampaikan appresiasi kepada para sesepuh etnis Jawa yang telah melaksanakan kegiatan guna mewujudkan seni budaya Jawa seperti kuda lumping dan seni budaya lainnya.
" Dengan pelestarian ini mudah mudahan seni budaya etnis Jawa  semakin maju dan berkembang dimasa mendatang  sebagai warisan leluhur kita.Dan masyarakat tetap diimbau agar tidak abai dengan prokes di setiap kegiatan,,", Harap Camat Mandau.





Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP diwakili Wabup H Bagus Santoso  menyampaikan selamat kepada pengurus Paguyuban Etnis Jawa Setio Budoyo Kabupaten Bengkalis  yang diprakarsai oleh Group Kuda Lumping Krido Turonggo Betuah  Manunggal ( KTBM ).
Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Jawa Desa Bathin Betuah memang benar benar Bertuah.




" Memang tak salah nama desa ini bernama  Desa Bathin Betuah ,karena masyarakatnya  memang sudah " Bertuah".Apalagi  sudah  melestarikan budaya warisan budaya nenek moyang kita etnis Jawa  khususnya yang berada di luar Pulau Jawa  .Sehingga budaya itu teyap lestari dan  tidak hilang 
", kata Wabup H Bagus Santoso.




Dikatakan Wabup bahwa  seni budaya 
akan bisa mempersatukan semua etnis dalam membangun jalinan persatuan dan kesatuan guna membangun desa atau kampung.

" Jika ini berjalan maka desa Bathin Betuah akan semakin Betuah lagi dan semakin  lebih maju .Melalui pelestarian budaya ini kiranya  dapat mempersatukan masyarakat membangun desa dan Kabupaten Bengkalis bermarwah maju dan sejahtera.Membangun kampung bukan lagi ke pulau Jawa sesuai dengan pepatah dimana tanah dipijak disitu langit dijunjung. Membangun kampung perlu  bergandeng tangan semua etnis,", Imbuh Wabup.

Pengukuhan pengurus yang diketuai Warto dan Sekretaris Sukmo Eko Santoso dan Bendahara Karsiman  ditandai dengan pemukulan gong oleh Wabup didampingi Camat Manfau Riki Rihardi.Kemudian dilanjutkan dengan penampilan  budaya seperti kuda lumping ,reog dan lainnya .(jon/dpc)






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama