Loading...

Implementasi Smart City Walikota Dumai Hadiri Briefing Nota Kesepakatan Bersama Kementerian Kominfo RI


Dumai ( detikperjuangan.com)  - Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai Afrilagan, SH, MH menghadiri Pengarahan (Briefing) Nota Kesepakatan bersama Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertempat di Command Centre Diskominfotiksan, Selasa (15/02).

Pengarahan (Briefing) tersebut terkait Nota Kesepakatan untuk mengimplementasikan Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang Berdasarkan surat Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Nomor: B-160/DJAI 3/A1.01.02/02/2022 Tanggal 9 Februari 2022.

Kegiatan ini sendiri sudah dimulai oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika RI pada tahun 2017 kepada 100 kabupaten dan kota di Indonesia yang bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.




Dalam paparannya Narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Harya Damar Widiputra menjelaskan ada tahapan-tahapan dalam mengimplementasikan untuk menjalankan Smart City yang pertama dimulai dari penandatanganan MoU kepada setiap daerah.

"Dalam pelaksanaan Masterplan Smart City dimulai dari penandatanganan MoU, kemudian kita akan melaksanakan 4 kali bimtek, masing-masing bimtek ini memliki substansi dan keluaran yang berbeda-beda, kemudian pembentukan dewan Smart City, selanjutnya membentuk tim pelaksanannya dan ada juga pihak-pihak yang terlibat dalam Forum Smart City daerah," ucapnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan dalam penyusunan masterplan Smart City dibutuhkan pengumpulan data kuantitatif dalam menyesuaikan dengan kelengkapan data yang dibutuhkan.

"Data kuantitatif yang berkaitan dengan kondisi daerah sekarang nanti dibutuhkan untuk tim penyusun dalam melakukan analisis yang nantinya juga akan dijelaskan pada bimtek-bimtek yang akan dilaksanakan bersama Kemenkominfo dan Pemerintah Daerah," jelasnya.( Rls) 

Sumber : Diskominfo.Dumai


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama