Loading...

Bantuan Logistik untuk Korban Longsor di Inhil dan Banjir di Inhu Dikirim BPBD Riau

 



PEKANBARU (Detikperjuangan.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengirimkan bantuan logistik ke dua kabupaten di Riau. Yakni di Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (3/3/2022). 

Bantuan tersebut diberikan karena dua wilayah ini sedang dilanda bencana alam.

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Riau,  saat ini banjir terjadi di Desa Pematang Benteng, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Sedangkan untuk tanah longsor terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

"Iya, kita sudah dapat laporan terjadi bencana alam banjir di Inhu dan tanah longsor di Inhil," kata Kepala BPBD Riau Edy Afrizal, Kamis (3/3/2022).

"Untuk bantuan logistik sudah kita kirim tadi malam ke Inhil," tambah Edy.

Edy‎ bantuan logistik dari Pemprov Riau sudah disiagakan di kabupaten kota. Sehingga saat terjadi musibah banjir maupun longsong bantuan tersebut bisa langsung diambil untuk disalurkan kepada masyarakat.

"‎Kita sudah stok di masing-masing kabupaten, kalau kurang kita minta mereka buat laporan ke kita supaya kita salurkan lagi, sejauh ini belum ada permintaan bantuan, mungkin masih cukup," ujarnya.

Dijelaskan Edy Afrizal, dari laporan yang pihaknya terima, untuk banjir di Indragiri Hulu saat ini sudah mulai surut. Namun demikian, pihak BPBD setempat bersama unsur terkait lainnya tetap melakukan patroli dan melakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada.

"Meskipun sudah mulai surut, namun masyarakat tetap diminta waspada. Petugas dilapangan juga tetap melakukan patroli," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Edy juga mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang bantaran sungai untuk waspada jika sewaktu-waktu air sungai naik. 

"Kita imbau masyarakat di bantaran sungai untuk tetap waspada banjir. Pihak BPBD kabupaten/kota juga hendaknya siaga jika sewaktu-waktu terjadi banjir, jika perlu bantuan segera hubungi BPBD Provinsi," katanya.( PAS/dpc) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama