Loading...

Dandim 0303 Bengkalis Resmikan Kampung Pancasila di Mandau Guna Melestarikan Nilai Pancasila


Mandau ( detikperjuangan.com) Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Kulonuwun  Rabu ( 16/3/22)  meresmikan Kampung Pancasila Kodim 0303 Kabupaten Bengkalis di Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharuddin,SH,MSi.Juga dihadiri Kapolres Bengkalis diwakili Kapolsek Mandau Kompol Indra Lukman,Camat Mandau ,para Lurah dan Kades yang ada di wilayah Kecamatan Mandau.Dan bahkan beberapa tokoh masyarakat Mandau diantaranya Saido,Ejon Heronimus dan juga Santun Sihombing dan tokoh masyarakat lainnya.



Sebelum meresmikan Kampung Pancasila Kodim 0303 Kabupaten Bengkalis tersebut Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Kulonuwun  menyampaikan sambutannya

Menurut nya sejatinya peresmian secara serentak  dilaksanakan pada 11 Maret Kemarin.
"Namun  saya bangga untuk kecamatan Mandau minta diresmikan sendirian.Saya sangat mengapresiasi atas berbagai kegiatan yang dilaksanakan sempena peresmian Kampung Pancasila ini diantaranya Lomba melukis tingkat SD,SMP dan SMA  dan juga vaksinasi massal bagi masyarakat .Dan juga sambutan dengan tari persembahan.Sehingga pelaksanaan kegiatan ini tidak kalah meriahnya dengan acara yang digelar di Bengkalis.,", Kata Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis.



Ditambahkan bahwa kegiatan ini juga menjalin silaturahmi dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bersama anak bangsa.
Pembentukan kampung Pancasila ini yang juga telah dilaksanakan di seluruh jajaran Koramil Kodim 0303 Bengkalis dilatarbelakangi berbagai hal diantaranya perlunya kita untuk melestarikan dan menegakkan nilai nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Dan juga dapat dijadikan sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari hari di tengah masyarakat.Sehingga kerukunan antar umat tetap terjaga dan tidak terpecah belah akibat beda pendapat dan beda pandangan.

" Dan kita mengedepankan sila IV Pancasila yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan ( musyawarah untuk mufakat) dan juga toleransi beragama.Bhinneka Tunggal Ika,,", Imbuhnya.



Dandim juga menyampaikan kiranya mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama.
Mendukung kehidupan masyarakat yang rukun santun dan berbudaya.

" Saya sungguh sangat terharu atas antusias masyarakat  dalam menyediakan perlengkapan dalam pembentukan kampung Pancasila ini .Dan boleh saya bilang bahwa Kabupaten Bengkalis merupakan miniaturnya Indonesia karena terdiri dari pulau dan daratan serta terdapat berbagai suku,budaya,agama dan juga bahasa.,", Papar Letkol Inf Endik Yunia Kulonuwun dengan penuh semangat.



Masih menurut Dandim , keberagaman sebagai sebuah keniscayaan bagi bangsa Indonesia tetap terjalin utuh karena kita memiliki satu konsensus yang kita sepakati bersama yaitu Pancasila dan UUD 1945 ,NKRI dan Bhinneka tunggal Ika

" Mari kita bangun kehidupan yang penuh toleransi beragama saling menghargai  dan selalu membuka komunikasi dalam nyampaikan setiap persoalan,", ajaknya.

Kegiatan ini kata Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis bukan hanya sebatas serimonial belaka namun akan dilanjutkan dengan kegiatan kegiatan yang dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.



" Kami berharap untuk kampung Pancasila ini dapat dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat Mandau ini dan juga sebagai menumbuhkan kerukunan masyarakat menanamkan nilai nilai Bhinneka tunggal Ika.Rapat terbentuk Kampung Pancasila di wilayah Kelurahan laindi wilayah Kabupaten Bengkalis.Sehingga muncul kampung Pancasila lain nya .,", Pungkasnya.

Untuk Kabupaten Bengkalis sudah ada terbentuk sebanyak 6 titik 
Dengan terbentuknya kampung Pancasila ini   akan melakukan berbagai kegiatan terkait kehidupan sesuai dengan nilai nilai Pancasila .Berupa gotong royong dan bahkan lomba puisi terkait Pancasila.

Menurut Risman Daulai salah seorang tokoh masyarakat mengatakan aangat mengapresiasi atas dipilihkan Kampung Lalang Kelurahan Air Jamban  sebagai  Kampung Pancasila.
" Kedepan mohon kami diberikan petunjuk dan rumusan agar kami dapat membangun desa sesuai dengan  namanya yaitu menjadi masyarakat yang  Pancasilais,", katanya.
Peresmian ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali oleh Dandim 0303 Kabupaten Bengkalis Letkol Endik YK didampingi Staf Ahli Bupati Toharuddin,SH,MSi,Kapolsek Mandau ,Danramil 03 Mandau Kapt Arh Jemirianto dan juga tokoh masyarakat Mandau Saido dan lainnya .



Usai meresmikan Kampung Pancasila tersebut Dandim meninjau kegiatan Lomba melukis di tembok oleh siswa SD,SMP dan SMA serta juga meninjau pelaksanaan vaksinasi massal untuk anak usia 6-11 tahun dan juga untuk umum tahap 1,2 dan booster ( red/dpc) 







Lebih baru Lebih lama