Loading...

Hadiri Talkshow - Walikota Dumai : Generasi Muda Harus Penjaga Keseimbangan dan Nalar Demokrasi


DUMAI - ( detikperjuangan.com) Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Pembangunan, Informasi Teknologi, Ekonomi dan Keuangan H. Afrilagan, SH, M.Si menghadiri acara Talkshow Cerdas Berdemokrasi, bertempat di Balai Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, Kamis (17/03/2022).

Acara yang bertemakan "Generasi Micin Bicara Demokrasi Pancasila" ini disiarkan secara live streaming di 3 kanal Youtube yaitu sumber Kemenkominfo TV, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, dan Dewan Kesenian Daerah Kota Dumai.

Kegiatan ini merupakan suatu sosialisasi program literasi politik dan Pemerintahan melalui seni pertunjukan rakyat, sebagai upaya menumbuhkan iklim demokrasi Pancasila yang sehat di kalangan generasi muda Indonesia.

Adapun yang menjadi narasumber pada acara Talkshow tersebut selain H. Afrilagan, yaitu Dwi Dianingsih, S.Sos, M.Si selaku Koordinator Bidang Politik dan Pemerintahan Direktorat Polhukam, Ditjen IKP, Kemkominfo RI.




Kemudian ada Syaiful Arif, SHI, MH selaku Staf Ahli DPR RI dan yang terakhir Devida Rahmat selaku Ketua Dumai Digital Creator.

Mewakili Wali Kota Dumai, H. Afrilagan menyampaikan bahwa generasi muda saat ini harus dapat menjadi penjaga keseimbangan dan nalar demokrasi dalam masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila.

"Terlebih di alam demokrasi yang semakin berkembang, generasi muda harus lebih bersatu dan menjunjung tinggi rasa toleransi, bukan justru malah terjebak dalam tindakan memecah belah, merundung dan membenci dengan dalih demokrasi dan kebebasan berekspresi," ucapnya.




Senada dengan itu, Dwi Dianingsih menjelaskan bahwa calon pemimpin masa depan bangsa dan negara ini adalah generasi muda sekarang yang diidentifikasi dengan sebutan generasi milenial, atau generasi Z, yang juga sering menyebut diri sebagai generasi micin.

Namun, generasi emas ini bukannya tanpa tantangan dan halangan. Belum lagi dengan kondisi saat ini yang masih dalam situasi pandemi COVID-19 dan juga menghadapi berbagai hoaks di media sosial.( Rls/dpc) 

Sumber : Diskominfo.Dumai
  

Lebih baru Lebih lama