Loading...

Launching Buku Legenda Kelurahan Gajah Sakti, Kasmarni : Jadikan Literasi Baru Untuk Mempelajari Sejarah



Mandau - ( detikperjuangan.com) Peristiwa itu  sekitar  50 tahun lalu nama  Kelurahan Gajah Sakti menjadi nama resmi hingga saat ini.Sebagai bukti sejarah ditandai dengan adanya prasasti sumur gajah.Dan kemudian dilanjutkan dengan launching buku Legenda Kelurahan Gajah Sakti oleh Bupati Bengkalis Kasmarni SSos MMP pada Jumat ( 11/3/22).

Untuk mengenang sejarah berdirinya Kelurahan Gajah Sakti, Maharani salah satu warga mengabadikan sejarah itu di sebuah buku bernama Legenda Kelurahan Gajah Sakti. Serta juga  penandatanganan prasasti Sumur Gajah di Kelurahan  Gajah Sakti. 



Bupati Bengkalis Kasmarni,SSos,MMP dalam sambutannya mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Bengkalis memberikan apresiasi dan tahniah, kepada Maharani, yang telah menginisiasi serta menulis dengan sempurna buku lagenda Kelurahan Gajah Sakti ini. Hal ini sebuah inovasi dan kreatifitas yang patut ditiru dan kita dukung bersama.



Tentunya dari buku ini kita dapat mengetahui secara jelas cerita rakyat yang mengandung butir-butir kearifan lokal yang berguna dalam meningkatkan literasi informasi bagi generasi saat ini dan generasi masa hadapan di Kabupaten Bengkalis.

 "Saya berharap prestasi ini bisa menular pada insan-insan kreatif lainnya, sehingga nantinya seluruh kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Bengkalis, juga bisa berprestasi, bisa menulis sejarah kearifan lokal di wilayahnya masing-masing," ujar Kasmarni. 




Bupati Perempuan Pertama Bengkalis ini juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada panitia penyelenggara, lurah gajah sakti dan Camat Mandau serta pihak-pihak lainnya, seperti Dispersip Kabupaten Bengkalis, penerbit, tim percetakan dan editor, atas kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntasnya, mulai dari tahap penyusunan, penulisan, penerbitan dan pencetakan hingga tersusunnya buku lagenda Kelurahan Gajah Sakti ini.

Kelak buku ini betul-betul dijadikan pedoman / referensi sehingga anak cucu kita di kelurahan gajah sakti ini maupun Kabupaten Bengkalis, mengetahui dan memaklumi bahwa gajah sakti itu benar ada dan tetap melagenda.

"Dengan telah dituliskan dan disusunnya buku lagenda ini, tentunya menjadi literasi baru untuk kita mempelajari sejarah, yang ada di negeri junjungan ini," harapnya. 

Dijelaskan Kasmarni, melalui launching buku lagenda kelurahan Gajah Sakti yang dilaksanakan hari ini, hendaknya dapat menumbuhkan minat baca dan menulis masyarakat, terutama para generasi muda, sekaligus sebagai wadah inspirasi dalam mengembangkan kemampuan menulis. 

Saat ini harus kita akui minat baca dan menulis masyarakat tergolong rendah. Hal ini tentunya menjadi PR kami juga kedepannya, bagaimana kita bisa meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat kabupaten bengkalis. 

"Bahkan kita akan mensinergikannya dengan berbagai pihak. mudah-mudahan dengan tingginya niat, semangat serta tekad masyarakat dalam membaca dan menulis, maka akan lahir SDM unggul yang kehadirannya diharapkan dapat mendukung kemajuan kabupaten bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera, terutama dalam bidang tulisan," jelasnya. 

Bupati meminta kepada Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Bengkalis, agar  difasilitasi pencetakan buku ini, untuk kemudian dapat disebarkan ke sekolah-sekolah, masyarakat maupun perpustakaan desa, sebagai lieterasi masyarakat. kemudian koordinasikan juga, kiranya buku ini kedepan dapat dibuat dalam format digital untuk memudahkan masyarakat mengaksesnya.

 “Entah nanti berupa e-book atau pdf atau lainnya, tujuannya agar memudahkan masyarakat membaca buku ini sebagai media pembelajaran dan menambah wawasan budaya dan keilmuan," terang Kasmarni. 

Lebihh lanjut ditambahkan Kasmarni, mengingat catatan sejarahnya sudah tertulis, kepada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan olahraga, juga minta monumen prasasti sumur Gajah Sakti ini, dirancang baru, sesuaikan dengan sejarah, kalau perlu, monumen ini jadikan sebagai pusat wisata religi baru di kecamatan mandau. sehingga banyak yang berkunjung serta membuat masyarakat tertarik untuk memahami sejarah.  

"Secara resmi saya launching buku Lagenda Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau. semoga Allah SWT Tuhan yang maha esa senantiasa memberkahi kita semua, sehingga kita dapat memberikan mafaat besar bagi daerah, bangsa dan negara ini," tutup Kasmarni. 

Turut hadir acara Launching tersebut, Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Bengkalis, Camat Mandau Riki Rihardi,SSTP,MSi , Kapolsek Mandau  Danramil 03/Mandau Kapten Arh Jemirianto, Lurah Gajah Sakti Syamsul Alam,SH dan juga Lurah/Kades se-kecematan Mandau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Kecamatan Mandau, dan tamu undangan lainnya.( Red/dpc) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama