Loading...

Perdana , 237 Orang Siswa SMKN 3 Mandau Ikuti Ujian Kompetensi Keahlian LSP P 1

 


 

Bathin Solapan ( detikperjuangan.com) Sebanyak 237 orang siswa kelas 12 SMKN 3 Mandau yang berlokasi di Desa Sebangar Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis mengikuti ujian kompetensi keahlian  Lembaga Sertifikasi Professi ( LSP) P 1 .Kegiatan yang dimulai (1/3/22)  ini merupakan perdana sejak berdirinya sekolah kejuruan yang memiliki  8 jurusan tersebut.Dan SMKN 3 Mandau  merupakan satu satunya sekolah kejuruan yang ada di kabupaten Bengkalis yang telah memenuhi syarat untuk melaksanakan ujian LSP.




" Dari 8  jurusan yang ada hanya 5 jurusan yang mengikuti ujian kompetensi keahlian diantaranya jurusan Geomatika,Geologi pertambangan,Kimia industri,Teknik Permesinan,Teknik dan bisnis sepeda motor.Dan ujian dilaksanakan selama 2 Minggu kedepan sesuai dengan jurusan masing-masing,", kata Kepala SMKN 3 Mandau Agus Subagiyo,ST,MSi didampingi Wakil Kurikulum Nola Desti Pratiwi,S.Pd Rabu (2/3/22).

Dikatakan Agus bahwa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).




" Hal ini sangat perlu bagi lulusan SMK guna membantu industri dalam melakukan seleksi calon tenaga kerja berbasis kompetensi dan juga membantu industri meningkatkan produktivitas kerja bagi para pekerjanya serta membantu meningkatkan kredibilitas/tingkat kepercayaan masyarakat terhadap industri.Dengan mengikuti ujian ini maka siswa lulusan SMKN 3 Mandau dinilai telah kompetensi keahlian sesuai dengan jurusannya dan diakui oleh dunia industri  ,", kata Agus Subagiyo ,ST,MSi.

Ditambahkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Pusat. Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Sebagai organisasi tingkat nasional yang berkedudukan di wilayah Republik Indonesia, LSP dapat membuka cabang yang berkedudukan di kota lain. LSP sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu LSP P1, P2 dan P3." SMKN 3 Mandau salah satu yang telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Professi ( BNSP) dan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan ini.Dan semoga LSP ini memberi nilai tambah bagi siswa jebolan SMKN 3 Mandau ,", pungkasnya ( Red/dpc)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama