Loading...

Pelabuhan Internasional Dumai Dibuka, 130 Turis Malaysia Melancong ke Riau




Dumai (detikperjuangan.com) - Sejak dibukanya kembali pelabuhan Internasional Dumai, pada Kamis (5/5/2022) lalu, sebanyak 130 turis dari Melaka, Malaysia, melancong ke Riau. 

Dari Pelabuhan Antarbangsa negeri Melaka 130 turis asing itu datang menumpang kapal penumpang Fast Ferry atau kapal ferri cepat Indomal. Tiba di pelabuhan Dumai jam 13.30 wib, pada Jumat (6/5/2022) siang. 

Kedatangan kapal ferri cepat itu, merupakan pelayaran perdana rute Melaka-Dumai, setelah dua tahun tak beroperasi akibat pandemi Covid-19, sehingga ditutupnya Pelabuhan Internasional Dumai. 


Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau Roni Rakhmat bersama jajaran TNI, Polri, Imigrasi, dan Pemkot Dumai menyambut kedatangan wisman dari negeri jiran  dengan pengalungan bunga hias. 

Acara penyambutan diiringi tabuh-tabuhan alat musik kompang. Lalu, turis Malaysia yang baru tiba, ditaburi beras kunyit sebagai bentuk rasa syukur atas kedatangan itu. 

"Alhamdulillah 130 wisatawan mancanegara dari Melaka telah tiba di Dumai, Riau. Ini merupakan kabar baik untuk pertumbuhan sektor pariwisata di Riau. Kami optimis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau bisa kembali meningkat," kata Roni Rakhmat. 

Roni berharap agar dua pintu masuk internasional lainnya di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan Pelabuhan Internasional Selat Baru di Bengkalis juga bisa segera dibuka. 

"Kepada pemerintah pusat kami berharap agar pintu Internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan Pelabuhan Internasional Selat Baru di Bengkalis juga bisa segera dibuka," tandas Roni Rakhmat.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Kepala Konsulat Malaysia Pekanbaru, Wan Nurshima Wan Jusoh, Kamis (5/5) menggelar acara sermonial pelepasan kapal penumpang tujuan Pelabuhan Antarbangsa Negeri Melaka. 

Setibanya di Pelabuhan Antarbangsa Negeri Melaka, penumpang kapal itu, disambut Menteri Pelancongan, Warisan dan Kebudayaan Negeri Malaka, Dato Muhammad Jailani bin Khamis.( PAS/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama