Loading...

Pembangunan Kantor KUA Bathin Solapan Terbengkalai- Ketua LSM KPH- PL : Siapa Yang Bertanggung Jawab

 



Bathin Solapan ( detikperjuangan.com) Pembangunan Kantor Urusan Agama ( KUA) Kecamatan Bathin Solapan yang dibangun 7 tahunan silam  terletak di Jalan Pipa Air Bersih Desa Balaimakam Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis kondisinya sangat memprihatinkan.Bangunan yang telah menghabiskan uang rakyat  mencapai  ratusan juta rupiah dari dana APBN terkesan sia sia dan mubazir.Karena  sejak dibangun hingga saat ini belum pernah digunakan sebagaimana fungsinya.Sehingga kondisi saat ini menjadi sebuah bangunan tanpa pintu dan jendela serta plafon hancur dan  berada di tengah semak belukar.



Melihat kondisi ini Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Peduli Hukum dan Penyelamatan Lingkungan (KPH-PL)  Amir Muthalib angkat bicara terkait  siapa yang bertanggung jawab atas bangunan kantor KUA tersebut .
Menurut Ketum LSM KPH- PL  bahwa pihaknya telah menyurati Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanmenag) Provinsi Riau, namun sampai hari ini belum menerima jawaban. Melalui Surat Nomor : 07/MI/S/Dok-Riau/DPP-KPH-PL/I/ 2021 pada tanggal, 21 Januari 2021 telah mempertanyakan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis, dengan beberapa butir pertanyakan yang disampaikan menurut hasil investigasi (LSM KPH-PL) Apalagi kantor KUA tersebut kondisinya sudah banyak yang rusak seperti plafon, jendela, pintu, instalasi listrik, dan lainnya.
Dan anehnya lagi setelah bangunan selesai pihak pemerintah juga membangun jalan semenisasi sekitar 200 meter  menuju kantor tersebut,namun tetap juga tidak difungsikan.




"Siapakah yang paling bertanggung jawab atas Kerugian Uang Negara ini.Dan  bagaimanakah proses kontrak (tender) tentang proyek pembangunan Kantor KUA Kecamatan Bathin Solapan, Kapan waktu dan jadwalnya serah terima proyek pembangunan kantor KUA tersebut,", sebut Amir dengan nada tanya.



Ditambahkan Amir Muthalib Ketua Umum LSM KPH- - PL bahwa pihaknya juga menyurati  Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Riau, melalui Surat Nomor : 08/MI/S/Dok-Riau/DPP-KPH-PL/I/2021 pada tanggal, 01 Februari 2021 dan mempertanyakan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, namun sampai hari ini surat jawaban menyangkut terbengkalainya pembangunan Kantor  KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan  Bathin Solapan belum diterimannya.
" Hal ini akan terus  kita tindak lanjuti sampai tuntas ,", tegas Amir.



Kanwil Kemenag Propinsi Riau melalui Kepala Bidang Agama Islam Agustiar saat dihubungi lewat sambungan WA (16/6/22) mengatakan akan menelusuri tentang masalah tersebut.

" Oke pak nanti saya telusuri dulu tentang masalah ini karena saya  baru menjadi Kabid Juli 2021 trims,", jawabnya singkat ( Red/dpc)                                                                                                                           

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama