Loading...

Peringati HAN 2022, Kolaborasi Genre dan Forum Anak Kabupaten Bengkalis Gelar Lomba

 



Duri (detikperjuangan.com) - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Bengkalis bersama Forum Anak Kabupaten Bengkalis, mengelar Event lomba bagi anak-anak Pelajar tingkat SD se-Kecamatan Mandau, Batsol, Pinggir dan Talang Mandau, Ahad (31/07). 

Kegiatan perlombaan dengan tema  "Lemparkan Tekad Semangat Demi Anak sehat dan Remaja Sehat (Lentera)" didukung Pertama Hulu Rokan (PHR), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bengkalis dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta LAMR Kecamatan Mandau. 

Kegiatan Event Hari Anak Nasional 2022 ini juga turut dihadiri KNPI Bengkalis, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bengkalis, Reksos Duri, Camat Mandau, Batsol, Pinggir, Talang Muandau, serta Perwakilan para Guru SD Kecamatan Mandau, Batsol, Pinggir dan Talang Muandau.

Ketua Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Bengkalis M.Ahga Anaqi mengatakan acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat dan bakat anak-anak yang ada di Kabupaten Bengkalis khusunya di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau dengan cara mengikuti perlombaan. 

"Adapun lomba yang dilaksanakan saat ini ada 3 yaitu lomba Puisi, lomba mewarnai dan senam kreasi gemufamire,",Kata M.Ahga.






Dikatakan Ahga, selain dengan adanya kegiatan event ini  juga untuk memupuk semangat bersaing anak anak untuk memiliki daya saing menjadi yang terbaik dari baik, meningkatkan kreativitas anak- anak untuk menjadikan Indonesia khusunya Kabupaten Bengkalis menjadi Kita Layak Anak seperti yang dicanangkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

"Untuk itu, kami sebagai remaja Kabupaten Bengkalis yang dinaungi oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam organisasi forum Generasi Berencana Kabupaten Bengkalis (Gendre) sebagai remaja yang semangatnya tak kunjung padam tentu juga ingin bagaimana cara anak di Kabupaten Bengkalis bisa menjadi anak-anak yang berkualitas. 
Oleh karena itu kami sebagai pemuda dan remaja disinilah kami menunjukkan kesungguhan kami,",imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis Fitriyanti Eka Putri sangat bangga dan mengapresiasi kolaborasi antara Forum Genre Kabupaten Bengkalis dengan Forum Anak Kabupaten Bengkalis dalam kegiatan ini. 

"Ini surprise buat kita, dengan acara dari anak untuk anak ini mereka bisa mengemas acara besar dan semegah ini, dan
bagi kita ini menunjukan anak-anak kita sangat luar biasa yang punya kemampuan," ungkapnya. 

Jadi artinya, dikatakan Fitri, ini perlu kita sambut dengan antusias dan kedepannya  bagaimana kita mengarahkan serta membimbing mereka sehingga kegiatan  mereka bisa lebih berkesinambungan apalagi kita banyak berharap dari mereka khususnya dari Forum Anak yang sebagai  Pelopor dan Pelapor.

"Dimana pelopor yaitu mereka yang akan menggagas dan berada diposisi terdepan bagaimana hak-hak anak itu terpenuhi serta kekerasan terhadap anak itu bisa dicegah dan dikurangi, begitu juga sebagai pelapor kalau ada kejadian-kejadian di lingkungan mereka atau mereka sendiri, mereka kita gagah mau melaporkan atau menyampaikan  kepada orang tua atau yg lain," jelasnya

Maka dari itu Fitri menambahkan di setiap Desa dan Kelurahan harus ada Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Sehingga masyarakat terbantu untuk melaporkan jika ada kejadian terhadap anak. 
Dan jika ada kasus-kasus kecil di lingkungan masyarakat maka PATBM inilah yang berperan karena tidak semua persoalan anak dibawa keranah hukum. Kalau masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, kan lebih baik.

"Kita juga dari Dinas PPPA Bengkalis telah 
 memberikan pembinaan-pembinaan melalui Forum Anak Kecamatan dan sudah turun ke desa-desa,"ujarnya.

Sementara itu, Angga Sanianto  dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis merasa bangga dengan terselenggaranya kegiatan ini Karena merupakan kolaborasi dari Forum Anak dan Generasi berencana Kabupaten Bengkalis.

"Hal ini merupakan realisasi pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan selama ini terhadap Genre dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) yang sebelumnya juga telah mengadakan konseling di Rupat. Dan kegiatan ini murni dari inisiatif anak anak sendiri," ucap Angga Staf bidang Kesejahteraan dan Ketahanan Keluarga Disdalduk Bengkalis. 

Disisi lain Ketua Pelaksana Event HAN 2022 Farhan Hajid, mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah mendukung acara ini baik moral maupun materil. 

"Terutama kepada PT.PHR, selain sektor industri minyak terbesar di kota Duri, PHR juga perduli terhadap kemajuan generasi di kota Duri dengan menjadi donatur terbesar dalam acara kami ini," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan dari Manajemen PT. PHR mengucapkan selamat kepada Forum Genre dan Forum Anak Kabupaten Bengkalis atas terlaksananya kegiatan yang sangat produktif ini. 

"PHR mengapresiasi dan mendukung inisiatif ini karena dapat menggugah kepedulian dan partisipasi dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal," ujarnya.( Red/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama