Loading...

Sempena Hari Jadi ke-510 Bengkalis,Kadisdik Ziarahi Makam Pahlawan

 


Bengkalis (detikperjuangan.com) Sempena memperingati Hari Jadi ke-510 Bengkalis, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis, Hj Kholijah menziarahi sejumlah makam pahlawan.
 
Kegiatan ini dipimpin Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso beserta sejumlah Forkompimda, Jum'at 29 Juli 2022.
 
Makam bersejarah yang diziarahi, diantaranya Makam Pahlawan Kesuma Kesatria, dilanjutkan Makam Panglima Minal, Makam Dara Sembilan Senggoro dan terakhir, Makam H Abdullah Nur, di Kelapapati Laut.
 
Di Makam Pahlawan Kesuma Kesatria, rangkaian ziarah diawali dengan pemberian hormat kepada para pahlawan, peletakan karangan bunga dan menaburi bunga.
 
Sementara di Makam Panglima Minal, Kholijah begitu antusias mendengarkan sejarah singkat tentang perjuangan hebat Panglima Minal untuk Bengkalis ini. 
 
Dimana di kisahkan bahwa Panglima Minal berhasil menumpas para penyamun, perampok dan kejahatan Megat yang hobinya menculik para gadis-gadis di Bengkalis tepatnya di Desa Senggoro.


 
Ziarah dilanjutkan ke Makam Dara Sembilan, sebuah situs budaya yang wajib dilestarikan. Dikompleks makam tersebut, Pejabat yang akrab disapa Bunda tersebut juga begitu khusyu tatkala membaca do'a.
 
Pusara terakhir yang diziarahi adalah makam pejuang 1945 yang gigih melawan penjajah Belanda dan Jepang, yakni H Abdullah Nur bin H Muhammad Nur.
 
Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bengkalis itu terlihat kagum, ketika mendengarkan sepak terjang sang almarhum semasa hidup, khususnya saat melawan koloni penjajah di Pulau Bengkalis.
 
Usai mengikuti rangkaian ziarah, Kholijah memaparkan kepada Tim Website Disdik, bahwa keikutsertaanya sebagai tanda penghormatan sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang sudah bertumpah darah mempertahan Negeri Junjungan ini.




"Sudah sepantasnya kita harus meneladani, melanjutkan perjuangannya dan menjaga serta memajukan negeri ini dengan lebih baik, cintai dan hargailah sejarah, supaya jasa para perjuang dikenang sepanjang masa, karena demi perjuangan mereka kita bisa rasakan saat ini,"ungkapnya. ( Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama