Loading...

Bupati Bengkalis Hadiri Penilaian EKK Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 di Mandau

 





Mandau (Detikperjuangan.com)  - Bupati Bengkalis Kasmarni menghadiri acara Penilaian Lomba Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis Tahun 2022, yang dilaksanakan di Kantor Camat Mandau, Senin (23/8/2022).

Diawal sambutannya, Bupati Kasmarni mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim penilai Evaluasi Kinerja Kecamatan tingkat Provinsi Riau Muhammad Firdaus, yang juga Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Riau beserta tim penilaian EKK di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis.



"Semoga kehadiran bapak, dapat membawa angin segar serta pemberi warna tersendiri demi terciptanya kinerja pelayanan publik Kantor Kecamatan Mandau yang efektif dan efesien dalam mewujudkan good governance dan clean government," ucap Bupati.

Dikesempatan tersebut Bupati yang juga bergelar Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas, mengucapan selamat kepada Camat Mandau, Camat Bengkalis dan Camat Bantan, atas prestasinya sebagai pemenang lomba Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2022. Semoga reward ini dapat mendorong kinerja pelayanan Kantor Kecamatan yang saudara pimpin, untuk menjadi lebih profesional, transparan, akuntabel, partisipatif, kreatif dan inovatif.



Lebih lanjut Bunda Kasmarni mengatakan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan merupakan salah satu cerminan dari kualitas birokrasi Pemerintah Daerah. Oleh karenanya kami Pemerintah Daerah terus berupaya dan mengingatkan para camat beserta aparaturnya, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan SDM, agar terciptanya proses pelayanan publik yang mampu bergerak lebih efektif dan efisien. 

"Pemerintah Daerah terus menggesa, agar Kantor Kecamatan, untuk terus berinovasi dalam kelembagaan dan sistem pemerintahan, karena kita tahu bahwa melalui inovasi-inovasi tersebut, Kantor Kecamatan dapat terus memperbaiki fasilitas pelayanan, sehingga tuntutan kebutuhan pelayanan publik yang produktif, responsif, berkualitas, transparan, akutanbel, adil, dan bebas dari KKN," harap Bukkas.



Berdasarkan evaluasi kinerja yang telah kami lakukan pada Kantor Kecamatan Mandau sebelum ini tambah Bukkas, kami dapati seluruh tugas dan fungsi Kantor Kecamatan, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, telah dapat dilaksanakan secara baik, efektif dan efesien serta dapat memenuhi seluruh indikator – indikator penilaian kinerja kantor kecamatan dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan responsive sesuai dengan standar pelayanan publik. 

Selanjutnya, Ketua Tim Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Provinsi Riau Muhammad Firdaus, menyampaikan sambutannya serta menjabarkan bentuk penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai EKK. Dimana ada enam hal yang perlu diketahui terkait tujuan dilaksanakannya penilaian ini. Diantaranya menilai kondisi empirik dari pelaksanaan urusan pemerintahan kecamatan. Mengukur tingkat capaian penyelenggaraan pemerintahan kecamatan. 



Kemudian memotivasi pemerintah kecamatan sebagai perangkat daerah yang memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Mendorong kesinambungan koordinasi dan keterpaduan kinerja antar penyelenggara pemerintahan di wilayah kecamatan guna mempercepat pelaksanaan pembangunan.

Selain itu mengembangkan berbagai kretivitas dan inovasi dalam menyelenggarakan program pembangunan yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan Meningkatkan kapasitas aparatur kecamatan dalam menyelenggarakan pelayanan dasar dan pemberdayaan potensi perekonomian masyarakat di wilayah kerjanya. 



"Adapun indikator EKK Tahun 2022 yang menjadi penilaian antara lain, kompetensi camat dan koordinasi urusan pemerintahan umum, koordinasi kegiatan pemerintah kecamatan, pelaksanan kewenangan yang dilimpahkan, penyelenggaraan tugas Lainnya dan inovasi camat yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik," jelasnya.

Tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono, Asisten Administrasi Umum Aulia, Inspektur Kabupaten Bengkalis Radius Akima, Kadis DPMPTSP Basuki Rahmad, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Camat Bantan Muthu Saily, Camat Bantan Muhammad Rusydy, Plt Camat Pinggir Zama Rico, Kapolsek Mandau AKP Hairul Hidayat, Danramil 03 Mandau Kapten (Arh) Jemirianto (Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama