Loading...

PLN Putus Terdampak Puting Beliung, Ribuan Rumah Warga di Kampar Gelap Gulita

 



KAMPAR  (Detikperjuangan.com) - Sebanyak 4 tiang listrik milik PLN UP3 Pekanbaru miring dan tumbang akibat angin puting beliung di Desa Tanjung Alai Kilometer 97 Bukit Pukatan Wisata Panorama Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau. 

Ribuan rumah menjadi gelap gulita akibat terdampak listrik yang terputus. Bahkan, tiang PLN itu juga menimpa 7 buah warung milik warga hingga mengalami rusak berat.

Manager PLN ULP Bangkinang, Endryez Iwan Prathama mengatakan, dari kejadian tersebut mengakibatkan putusnya pasokan listrik yang dirasakan oleh sekitar 6.105 pelanggan. 

"Dua tiang tumbang, dan 2 tiang lainnya miring akibat cuaca ekstrem tadi malam di lokasi. Daerah yang terdampak padam yaitu Desa Batu Bersurat, Binamang, Gunung Bungsu, Muara Takus. Lalu, Koto Tuo, Koto Tuo Barat, Pongkai Istiqomah,  Gunung Malelo, Bandur Picak, Pongkai, Siberuang, Tabing, dan Tanjung," ujar Iwan, Sabtu (13/8).



Iwan menyebutkan, pihaknya telah mengerahkan petugas yang terdiri Tim Teknik PLN ULP Bangkinang dan mitra kerja untuk mengamankan lokasi kejadian. Sebab, kejadian tersebut berpotensi bahaya listrik. Sehingga tim melakukan upaya mempercepat proses pemulihan. 

"Upaya awal yang kami lakukan untuk minimalisir daerah yang terdampak padam akibat gangguan penyulang tersebut, yaitu dengan melakukan manuver penyulang," jelasnya.

Dari kejadian ini PLN mengalami kerugian yang diperkirakan sebesar Rp80 juta rupiah. Sabtu pagi tadi sekitar pukul 10.50 WIB, PLN telah memulihkan tiang listrik yang tumbang dan melakukan penormalan pasokan listrik secara bertahap. 

"Kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan kami atas ketidaknyamanan yang dirasakan dari dampak terputusnya pasokan listrik akibat tumbangnya tiang listrik akibat cuaca ekstrem," kata dia.

Selain itu, Iwan juga menghimbau kepada seluruh pelanggan PLN untuk dapat melaporkan segala bentuk gangguan atau keluhan kelistrikan melalui call center PLN di (kode area) 123 atau dengan Aplikasi PLN Mobile.( PAS/dpc) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama