Loading...

Peringati Hari Jadi Desa Teluk Lecah ke-207 Pemdes Gelar Festival Jong Layo

 



RUPAT ( Detikperjuangan.com) - Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Teluk Lecah 207 tahun dan Mandi Safaar, Pemerintah Desa Teluk Lecah, Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis-Riau, menggelar Festival jong layo se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 Di Pantai Desa Teluk lecah Minggu (18/09/22).

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut akan dilangsungkan bertempat di pantai Teluk Lecah, Kecamatan Rupat.

Dimana dalam permainan khas rakyat, Jong layo terdiri dari dua kategori yakni  yang besar diikuti oleh 86 peserta, sedangkan untuk jong layo sedang diikuti 98 peserta dua katagori

Tujuan dilaksanakannya serangkaian peringatan hari jadi desa Teluk Lecah ini adalah untuk membangun pariwisata magruf dan pantai pasang sesuai dengan program bermasa yang telah dicanangkan oleh Bupati Bengkalis, Ibu Kasmarni.




Dalam kesempatan yang sama, juga sekaligus akan digelar prosesi mandi safaar yang merupakan upaya promosi untuk mengenalkan keanekaragam kekayaan budaya melayu yang dimiliki oleh masyarakat yang mendiami wilayah Desa Teluk Lecah pada umumnya maupun Kabupaten Bengkalis khususnya.

Selain itu, turut juga dilaksanakan berbagai permainan seperti, Layang-layang, memancing, di daratnya buat ketupat, kukur kelape, tarik upih, malam saparnye lomba tarian melayu malam rabunya.



Kades Teluk Lecah, Ali Nasikin, S.Pd sangat mengapresiasi adanya pelaksanaan festival Jong layo se-Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakannya di Desa Teluk Lecah dalam rangka memperingati hari jadi Desa Teluk Lecah ke 207 tahun 2022.

Selain itu lanjutnya dalam kesempatan hari jadi Desa tersebut juga akan dilaksanakan prosesi mandi safaar yang merupakan kegiatan tahunan pemerintah Desa Teluk Lecah.

"Sehingga akhirnya dapat melestarikan nilai-nilai budaya melayu serta kearifan lokal, agar dikenal generasi muda yang akan datang sekaligus membentengi pengaruh budaya dari luar," kata Kades Ali Nasikin S.Pd.( rls/dpc) 
Lebih baru Lebih lama