Loading...

Camat Bathin Solapan Buka Musrenbang Desa Pematang Obo,13 Usulan Skala Prioritas Tahun 2023


Bathin Solapan  ( Detikperjuangan.com) Pemerintahan Desa Pematang Obo Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Rabu (19/10/22) sore melaksanakan musyawarah rencana pembangunan desa ( Musrenbangdes) untuk kegiatan tahun 2023.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor desa Pematang Obo dibuka secara resmi Camat Bathin Solapan M.Rusidy,MR,SSTP,MSi didampingi Kasi PMD Tasarjon 
Selain itu juga dihadiri Kades Pematang Obo Pangibulan Sirait ,Katua RW,RT, Kadus ,PKK para Kepala Sekolah yang ada di lingkungan Desa Pematang Obo,Tokoh masyarakat,LAMR Desa,,dan juga para Kader Posyandu dan PKK Desa.Korcam dan Pendamping Desa .Kapus Balaimakam Vera Helena Syafrul, S.Tr.Keb
dan UPT Pendidikan dan UPT Pertanian Eta Anita  ,LPM ,Pengurus Bumdes juga nampak hadir.




Ketua BPD Saferi Barus  mengatakan bahwa kegiatan Musrenbangdes  ini tak lain guna  memantapkan kembali hasil dari musdes yang dilaksakan beberapa bulan lalu.
" Dan apa yang kita bahas hari merupakan hasil musdes lalu.Mari sama kita dukung Musrenbang agar apa yang kita bahas dapat direalisasikan tahun depan.,", Kata Ketua BPD Saferi Barus.

Pada kesempatan itu Ketua BPD berharap kepada Camat agar memperhatikan desa Pematang Obo .
"Masih banyak yang mau dibenahi di desa kami ini.Dan mengharap kiranya Poskesdes yang sudah dibangun segera dioperasikan demi kebutuhan masyarakat.,", Harapnya.




Kades Pematang Obo Pangibulan Sirait menyampaikan bahwa Musrenbangdes dilaksanakan dalam rangka menjaring aspirasi, masukan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di tahun berikut. 

" Ada sekitar 13 item usulan skala prioritas pembangunan infrastruktur yang akan diprogram tahun 2023.Hal ini sesuai dengan hasil musyawarah desa yang telah disepakati beberapa bulan lalu.Semoga usulan ini dapat terealisasi tahun 2023 mendatang,", harap Kades Pangibulan Sirait.

Ditambahkan Kades bahwa pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas dianggarkannya  pembangunan parit sepanjang 600 meter.Sehingga masyarakat terhindar dari ancama banjir selama ini.



" Selain  itu juga adanya bidang peternakan seperti bantuan ternak sapi dan bantuan alat alat pertanian.Dan bahkan selama 5 tahun ini ada sebanyak 136 titik pembangunan yang sudah terealisasi di Desa Pematang Obo, ,", imbuh Kades.

Kades Pematang Obo juga mengharapkan kiranya Poskesdes yang sudah dibangun dapat segera difungsikan demi kebutuhan masyarakat Pematang Obo.Serta melengkapi sarana pendukung Poskesdes tersebut seperti penerangan listrik dan air bersih.



Sebelum membuka Musrenbangdes Camat Bathin Solapan M.Rusidy,MR,SSTP ,MSi yang baru beberapa bulan menjabat Camat Bathin Solapan  memperkenalkan diri kepada masyarakat.Dan pertemuan ini salah satu bentuk silaturahmi antar sesama masyarakat.

Dikatakannya bahwa musrenbangdes  adalah kegiatan rutinitas setia tahun dan harus dilaksanakan.

" Untuk itu  apapun usulan saya harap  dimasukkan dalam daftar usulan.Namun 
Jangan hanya infrastruktur namun usulkan juga terkait bantuan pertanian,peternakan dan juga pemberdayaan serta pelatihan.
Semua usulan masukan dalam e planning," ,kata Camat Bathin Solapan.

Ditambahkan Camat bahwa masyarakat 
bisa memberi kritikan, saran dan masukan terkait pembangunan desa  secara sopan dan beretika melalui medsos.Dan kepada pemerintah desa diharapkan dapat mengusahakan dana lain dari Propinsi ataupun Pusat dalam hal pembangunan desa.

" Selain dana Kabupaten Pemdes juga bisa mengusahakan  kucuran dana dari Propinsi atau Pusat.
Dan tahun ini sudah masuk dana Bermasa ,kita harapkan  agar dana Bermasa itu digunakan sebaik mungkin untuk memajukan desa terutama untuk pemberdayaan masyarakat.,", Sebut Camat M.Rusidy,SSTP,MSi.( Red/dpc)




Lebih baru Lebih lama