Loading...

Camat Bathin Solapan Buka Musrenbang Desa Petani , 8 Titik Infrastruktur masuk DU RKP 2023

 



Bathin Solapan -( Detikperjuangan.com) Pemerintah Desa ( Pemdes) Petani Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis  Rabu(26/10/2022) melaksanakan kegiatan musyawarah rencana pembangunan desa ( Musrenbangdes) untuk tahun 2023.Musrenbang yang dilaksanakan di gedung pertemuan kantor desa tersebut dibuka secara resmi Camat Bathin Solapan Muhammad Rusydy, MR, S.STP, M.Si didampingi   Kasi PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Tasarjon


Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Rasikun serta perangkat Desa, Wakil Ketua BPD Solardi serta Anggota, Ketua PKK Desa Petani bersama anggota , Babinkamtibmas Bripka Agus Rizal, LAMR Desa, Kepala Sekolah, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Korcam Pendamping Ekonomi dan Pembangunan. Penyuluh agama,RT RW.



Sebelum membuka kegiatan Camat Bathin Solapan M Rusidy,MR ,SSTP,MSi menyampaikan bahwa Musrenbang Desa adalah agenda rutin setiap tahun sesuai dengan perintah undang-undang.
"  Jadi jangan pernah bosan memberikan usulan yang dihasilkan yang lebih berkualitas dan prioritas disusun benar-benar lahir atas usulan masyarakat Desa setempat, serta programnya menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, karna rezeki itu tidak berpintu bisa saja usulan diakomodir Pemprov dan juga pemerintah Pusat,", kata Camat.

Disamping itu Camat juga mengatakan pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab Pemerintah semata, meskipun domainnya berada pada Pemerintah. Namun keterlibatan atau partisipasi dan peran semua pihak seperti Pemuda Karang Taruna, Ibu-ibu PKK sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian perekonomian Desa melalui kegiatan pemberdayaan dan pelathian. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan. Untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga. 

Terkait  Program unggulan Program Bupati Bengkalis 1 Desa 1 Penyuluh  Agama bisa di manfaatkan untuk mengajarkan pemahaman agama kepada masyarakat maupun perwiritan. 
Program ini ada karna Bupati Bengkalis  Kasmarni, S.Sos, MMP, yang ingin mewujudkan masyarakat Bengkalis menjadi Bermarwah Maju dan Sejahtera.




Sementara itu Kades Petani Rasikun menyampaikan bahwa dalam Musrenbang tahun ini pihaknya mengusulkan 8 item infrastruktur.

" Terima kasih atas terlaksananya musyawarah ini.Dan juga terimakasih 
 kepada Bupati Bengkalis bersama para anggota DPRD yang bersinergi membangun desa yang ada termasuk desa Petani.Apalagi tahun ini banyak wilayah desa Petani  yang sudah menfapatkan pembangunan anggaran dana APBD Bengkalis.Kita berharap tahun depan semakin meningkat terutama infrastruktur .Dari 8 usulan tersebut setidaknya dapat teralisasi 4 item untuk tahun 2023 mendatang,", pungkas Kades ( Red/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama