Loading...

Seratusan siswa SMP dan Guru Pendamping Ikuti Kegiatan Pembinaan Minat,Bakat dan Kreativitas dalam Pelatihan UkS


Bengkalis ( Detikperjuangan.com) Kadis  Pendidikan Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Sekretaris  Agusilfridimasih,SH membuka Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa SMP dalam Pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Jenjang SMP  dilaksanakan pada tanggal 10 - 12 Oktober 2022 di  Aula Hotel Marina.

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah dalam mencanangkan sekolah sehat dan merevitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di satuan pendidikan.


Pelatihan tersebut diikuti 117 peserta siswa dan guru pendamping tingkat SMP. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali UKS yang sudah ada di satuan pendidikan guna  meningkatkan kesehatan masyarakat sekolah.




 

Hidup sehat menjadi dambaan kita. Lingkungan sehat pun menjadi impian kita. Sekolah sehat juga kita cita-citakan. Semuanya itu jangan selesai dalam dambaan, impian, dan cita-cita. Hidup sehat, lingkungan sehat, dan sekolah sehat mesti kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Sekolah sehat itu sangat penting. Dengan mewujudkan sekolah sehat, berarti kita telah menghidupkan sekolah yang memiliki unsur-unsur mulia, baik secara jasmani maupun rohani. Kepala sekolah dan guru berfokuslah pada aktivitas dan kreativitas membangun sekolah sehat melalui lingkungan belajar yang sehat pula, baik fisik maupun psikis. Ajak semua warga sekolah dan masyarakat sekitar meningkatkan kualitas sekolah sehat.

 

Agusilfridimalis juga mengatakan Jagalah sekolah agar selalu bersih dan indah. Jagalah sekolah senantiasa tertib dan aman. Peliharalah sekolah supaya nyaman dan menyenangkan. Junjunglah norma-norma kehidupan yang sehat dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah. Sekolah sehat memungkinkan seluruh warganya dapat melakukan aktivitas bermanfaat, berdaya guna, dan berhasil guna. Bangunlah rasa aman, nyaman, ramah, dan menyenangkan di sekolah. Dengan begitu, kita telah membangun sekolah sehat.





Program UKS sebaiknya disusun sebagai program yang berkesinambungan. Untuk itu, sekolah harus membentuk Tim Pelaksana UKS dan memasukkan rencana kerja UKS sebagai bagian dari RKAS. Tim Pelaksana UKS juga dapat menjadi bagian dari Satgas Covid-19 di sekolah. UKS memiliki peran yang strategis dalam pencegahan  wabah dan penularan  penyakit melalui penerapan Peduli Hidup Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari pada. Jika kita sudah menerapkan PHBS di sekolah, secara tidak langsung, kita sudah menerapkan Program Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) untuk menuju Sekolah Adiwiyata, "Ungkap Agusilfridimalis".

 

Harapan Agusilfridimalis kepada para peserta marilah kita semua melakukan praktik terbaik untuk melakukan pembinaan sekolah sehat melalui revitalisasi UKS.( Rlsdisdikbkls) 

Lebih baru Lebih lama