Loading...

Antisipasi Banjir , Bupati Rohil Melalui Camat Tanah Putih TM Perintahkan PKS TPTM Bersihkan Parit dan Drainase



Rokan Hilir (detikperjuangan com)  Camat  Tanah Putih Tanjung Melawan Robby Kurniawan,S.STP M,Si turun langsung cek lapangan untuk jumpai Menejer PKS Tanah Putih Tanjung Melawan agar pihak PKS segera  membersihkan parit ataupun drainase  disekitar lingkungan PKS, karena Air hujan  sudah meluap ke rumah warga.

Bupati Rokan Hilir mengintruksikan  Camat untuk menggerakkan PKS, agar membersihkan drainasi ataupun parit supaya bersih dan tidak banjir

Intruksi ini bersifat perintah yang harus dilaksanakan tanpa alasan apapun, Mengingat kondisi cuaca yang sudah memasuki musim penghujan, sehingga potensi terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung bisa terjadi kapan saja.

"Saya perintahkan camat untuk segera mengambil langkah. Caranya adalah dengan menggerakkan masyarakat melalui Kades/Lurah untuk kerja bakti secara bersama-sama," kata Bupati Rohil  Afrizal Senin (20/11/2022) kemarin.

Kerja bakti yang dimaksud bisa dalam bentuk membersihkan drainase atau saluran air dari sumbatan sampah. Tak hanya itu saja, para warga yang memiliki pohon yang sudah sangat tinggi dan rimbun, diminta untuk bisa memangkasnya. Kerja bakti bisa dilakukan setiap seminggu sekali atau hari libur, sehingga tak menyusahkan warga yang sedang bekerja.

"Kerja bakti bisa dengan menjaga saluran air atau drainase. Kalau drainase nya tidak lancar, maka airnya masuk ke jalan dan masuk ke rumah warga potensinya bisa merusak jalan itu sendiri," jelasnya.


Ditambahkan Bupati bahwa Camat harus peka, mana lokasi yang rawan longsor, banjir dan lain-lain. 
Lebih lanjut Bupati, menegaskan bahwa semua camat juga harus intens berkomunikasi dengan OPD terkait. Seperti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas Lingkungan Hidup, Bina Marga, Dinas SDA dan Tata Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan lainnya. Dengan komunikasi yang intens, ia optimis mitigasi bencana bisa dilakukan dengan baik, sehingga warga pun bersiap dalam menghadapi ancaman bencana, sewaktu-waktu.

"Harus intens yang namanya koordinasi dan komunikasi. Buat grup WA untuk memudahkan komunikasi. Jangan sampai terlambat, apalagi tidak memperhatikan sama sekali," ucapnya.

Di akhir sambutannya, Afrizal mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berdoa agar Kabupaten Rokan Hilir dalam kondisi kondusif dan jauh dari bencana.

"Mari kita terus berdoa, mudah-mudahan Allah SWT memberikan keselamatan kepada kita semua terhindar dari segala bencana ," pungkasnya. (Tutur S.)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama