Loading...

TP PKK Desa Pancur Jaya Adakan Pelatihan Ketrampilan Bahan dari Lidi Sawit

 


RUPAT -( Detikperjuangan.com) Pemerintah Desa ( Pemdes)  Pancur Jaya Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis melalui TP PKK gelar peningkatan 10 program PKK dengan melaksanakan Pelatihan keterampilan dari lidi kelapa sawit.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Hasan Basri,ST Kepala Desa Pancur Jaya dan dr. Nelya Sasmita ketua TP PKK Pancur Jaya,.Selain itu juga hadir Ketua BPD  Sabsuandi, Amd  sementara sebagai Nara sumber Harman Syahputra dan Icha Inda Saputri  dari kota dumai, Pendamping Desa Ekonomi   Herlina,A.Md , Perangkat desa, Ketua Pokja PKK bersama Anggota di Balai Pertemuan desa, Rabu (16/11/2022) pagi.



Ketua TP PKK Pancur Jaya dr Nelya Sasmita  mengatakan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pelatihan.
 "Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemerintah Pesa Pancur Jaya karena talah mau memberikan anggaran dana dalam pelatihan keterampilan ini melalui dana bermasa tahun 2022.Pelatihan keterampilan dari lidi kelapa sawit merupakan salah satu keterampilan dengan bahan baku yang mudah didapat yang tidak dimanfaatkan selama ini, Saya berharap kepada ibu-ibu nantinya akan membuat kelompok-kelompok kecil untuk membuat keterampilan ini secara aktif, ", Kata Ketua TP PKK Pancur Jaya.

Acara resmi dibuka oleh Kepala desa Pancur Jaya Hasan Basri,ST, dalam sambutannya mengharapkan melalui kegiatan pelatihan ini anggota PKK dapat menguasai materi untuk dapat diterapkan nantinya.




 “Saya harap kepada ibu-ibu PKK agar focus dengan satu kegiatan hingga benar-benar menguasai materi,sehingga bisa dipasarkan, Jika akan melakukan pelatihan lagi di anggaran tahun 2023 silahkan yang terpenting, ilmu yang didapat pada pelatihan hari ini harus benar-benar kita kuasai dan berjalan sukses, barulah kita melakukan pelatihan yang lainnya”,  Ucap Kades.

Ditambahkan Kades bahwa salah satu kendala dalam kegiatan keterampilan  selama ini adalah bagaimana cara memasarkan hasil kerajinan tangan ini.

"  Nah di tahun 2022 ini kita akan bentuk Unit Bumdes pengambilan hasil dari produk masyarakat desa Pancur Jaya sebagai pemasaran produk keterampilan dan kerajinan masyarakat desa, barang-barang keterampilan ibu-ibu nantinya akan dibeli oleh Bumdes dan akan dipasarkan, Semoga ini bisa membantu,"  ,kata Kades lagi.

Acara dilanjutkan dengan praktek langsung secara bersama yang diikuti oleh seluruh peserta ibu-ibu PKK dalam mengayam keterampilan dari lidi sawit menjadi anyaman yang cantik dan berkelas dengan menggunakan bahan-bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan ditunjuk ajar langsung oleh bapak Harman Syahputra dan Ibu Icha Inda Saputri sebagai narasumber. ( Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama