Loading...

Camat Bathin Solapan Buka STQ Desa Buluh Manis ke VII


Bathin Solapan ( Detikperjuangan.com) Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an ( STQ) ke VII  Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis dibuka secara resmi oleh Camat Bathin Solapan M.Rusydi MR,STTP,MSi Ahad (12/3/23) 1444 H 

Kegiatan yang diawali dengan pawai taruf dihadiri  Kades Buluh Manis Legimun , Bhabinkamtibmas Bripka Agusrizal ,Babinsa Serka TR Lase ,Ketua BPD Masriyanto dan Ketua Panitia Swardi dan juga Sekretaris LPTQ Kecamatan Bathin Solapan  Syaiful Bahri serta para perangkat desa lainnya.




Kades Buluh Manis Legimun menyampaikan rasa bangga dan haru atas tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan keagamaan ini.
" Terima kasih kepada pihak LPTQ Desa yang telah sukses dalam menggelar kegiatan ini,Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlanjut dan ditingkatkan di masa mendatang.,", kata Kades.



Ditambahkan Kades bahwa kegiatan STQ adalah untuk mencari bibit qori ,qoriyah handal sejak dini guna persiapan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan yang direncanakan sekitar bulan April atau Mei mendatang.

Ketua Panitia STQ Desa Buluh Manis Swardi mengatakan bahwa kegiatan diikuti sebanyak 48 orang perwakilan dari 8 RW .
" Kegiatan akan berlangsung selama 1 hari.Dan sebagai Dewan Juri kita turunkan dari Kecamatan Bathin Solapan.
Peserta yang lolos dalam seleksi ini akan menjadi perwakilan Desa untuk ikut dalam MTQ tingkat kecamatan,", Kata Swardi yang juga sebagai Ketua LPTQ Desa Buluh Manis .



Camat Bathin Solapan M Rusydi,MR,SSTP,MSi sebelum membuka STQ menyampikan bahwa STQ merupakan program pemerintah desa yang harus dilaksanakan  usai masa pandemi Covid-19 lalu.
" Kalau tahun sebelumnya kita akui pelaksanaan STQ vacum.Namun saat ini kita kembali melaksanakan kegiatan keagamaan ini.Karena melalui seleksi inilah pihak Desa dapat menentukan peserta ke tingkat Kecamatan atau pun ke tingkat Kabupaten, ", kata Camat.




Camat manambahkan bahwa desa itu merupakan lumbung bibit unggul yang perlu dilakukan pembinaan agar semakin berkembang ke tingkat selanjutnya.

" Banyak anak anak dan  generasi muda di desa yang merupakan   bibit unggul.Kita berharap dari  Desa Buluh Manis ini akan muncul qori dan qoriyah yang akan bisa tampil di tingkat Kecamatan ,Kabupaten,propinsi  dan bahkan di tingkat nasional nantinya .Semoga tahun ini  dapat  meningkatkan posisi Kecamatan Bathin Solapan di tingkat Kabupaten .,", imbuh Camat 



Camat juga berharap kiranya dewan juri dapat bekerja maksimal dan transparan.Dan jangan ada namanya  titipan.

Camat M.Rusydi juga mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu mendukung program Bupati Bengkalis yang sudah sangat menyentuh masyarakat saat ini melalui program unggulan Bermasa.

" Melalui program Unggulan  Bupati Bengkalis Bermasa sudah banyak yang kita rasakan di tengah masyarakat terutama dalam pemberdayaan, .,", kata Camat lagi.

Pada kesempatan itu  Camat juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar ekstra hati hati dimasa cuaca eskttim saat ini untuk peka terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan.
" Jika terjadi kebakaran hutan dan lahan segera koordinasi   dengan semua pihak dan  elemen masyarakat, perangkat desa,MPA untuk  melakukan upaya pemadaman .Agar jangan sampai meluas karena karhutla akan merugikan kita semua,", pungkasnya.

Sebelum acara pembukaan STQ pihak panitia juga melaksanakan lomba pawai taruf antar RW.Star yang dimulai dari halaman masjid Darul Hikmah kilometer 14 Jalan Rangau.Setelah dilepas oleh Kades Buluh Manis seluruh peserta bergerak menuju finis di halaman kantor Desa. ( Red/dpc)





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama