Loading...

Minta Penyelesaian Lahan, Perwakilan Pengurus Ketan Melayu Maju Bersama Datangi Kantor Penghulu Labuhan Papan





Rokan Hilir  Detikperjuangan.Com Puluhan perwakilan pengurus Kelompok Tani ( Ketan)  Melayu Maju Bersama ( KTMMB ) mendatangi kantor Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan ( TPTM ), Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil ). 

Tujuan kedatangan puluhan perwakikan pengurus KTMMB, pada Rabu (7/6/2023) di kantor Kepenghuluan Labuhan Papan itu, yaitu untuk melaporkan sekaligus minta penyelesaian lahan yang diduga diserebot oleh oknum pengusaha bernisial HSL yang juga diduga dibantu oleh aparat penegak hukum tertentu.

Ketua Rustam Arga mengatakan, bahwa lahan tersebut dibuka tahun 2008 silam dengan luas lebih kurang 760 Hektare, dan proses mencari bapak angkat ( donatur ) sampailah tahun 2010. 

"Setelah dipetak lahan itu, maka dibagikan 60 persen untuk masyarakat 40 persen untuk bapak angkat," katanya.

Dijelaskannya, anggota kelompok mencapai 120 orang saat awal merintis, dan surat dikeluarkan oleh kepala desa terdahulu sebanyak 200 surat yang telah diterbitkan, dan saat ini surat tersebut dipegang oleh pihak desa.

"Setelah meninggal salah seorang penasehat kami, maka dua tahun belakang ini diserobotlah lahan kami, dan diperkirakan sudah sampai sekitar 10 Hektare lebih," terangnya.

Ditambahkannya, bahwa sebelumnya pihaknya juga pernah melakukan mediasi dengan pihak diduga penyerobot, namun saat itu pihak penyerobot hanya menunjukan surat yang dikeluarkan dari Desa Rantau Bais.

"Sedangkan setahu saya lahan ini berada di daerah Labuhan Papan, dan tidak masuk akal bisa pula surat dari desa lain. Apalagi daerah Labuhan Papan tidak pula berdekatan dengan desa Rantau Bais" paparnya Rustam Arga.

Rustam Arga berharap, pihak diduga penyerobot bisa melakukan pertemuan dengan pihaknya, dengan tujuan untuk menunjukan darimana pihak diduga penyerobot mendapat lahan itu. "Hari ini kami tunggu di kantor Desa Labuhan Papan untuk hal itu, tapi tidak ada satupun datang," ungkapnya.

Menyikapi itu Datuk Penghulu Labuhan Papan Ahamad Sunardi mengatakan, bahwa pihaknya bersama pengurus KTMMB akan turun kelapangan untuk memverifikasi. "Semoga dengan turunnya kita nanti bersama kelapangan, kedepan tidak adalagi masalah," harapnya. 

  
Ket poto : Perwakilan pengurus KTMMB saat menyampaikan dugaan penyerobotan kepada Datuk Penghulu Labuhan Papan Ahamad Sunardi.( Tutur Suriadi dpc) 
Lebih baru Lebih lama