Loading...

Polres Bengkalis Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning 2023



Bengkalis, ( Detikperjuangan.com) - Polres Bengkalis melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh "Lancang Kuning" Tahun 2023 Senin ( 20/7/23) . Kegiatan ini berlangsung di lapangan apel Polres Bengkalis yang terletak di Jalan Pertanian Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan instansi terkait.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis, Toharudin, S.H., M.Si, yang mewakili Bupati Bengkalis. Kapolres Bengkalis diwakili oleh Kompol Faris Nur Sanjaya, S.H., S.I.K., M.H., sedangkan Dandim 0303/Bengkalis diwakili oleh Mayor Arh. Sudiyono. Kepala Kejaksaan Bengkalis diwakili oleh Jaksa Fungsional, Raden Iwan Chartawan. Selain itu, hadir pula Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis, Drs. Sufandi, Kasat Pol PP Kabupaten Bengkalis diwakili oleh Kabid Trantibum dan PDD, Syamsul Alam, S.H., serta perwakilan dari Dinas Perhubungan Bengkalis yang diwakili oleh Kasi Dal Ops, Mulyadi. Juga turut hadir  Fauzan Roman dari Jasa Raharja Kabupaten Bengkalis, serta para peserta apel dan undangan lainnya.

Peserta apel terdiri dari beberapa pleton, antara lain Pleton Kodim 0303/Bengkalis, Barisan Pleton Personil Polres Bengkalis, Pleton Dinas Perhubungan Bengkalis, Pleton Satpol PP Bengkalis, Pleton BPBD Bengkalis, dan Pleton Dinkes Bengkalis.


Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro melalui Kompol Faris Nur Sanjaya, S.H., S.I.K., M.H., dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan Operasi Patuh 2023 ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang KAMSELTIBCARLANTAS. Operasi ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas, Cermin Moralitas Bangsa".



Kompol Faris juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Operasi Patuh 2023 dilakukan dalam rentang waktu 10 Juli hingga 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Indonesia. Operasi ini melibatkan kegiatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum lalu lintas secara elektronik.

" Tujuan dari operasi ini adalah mewujudkan dan memelihara KAMSELTIBCARLANTAS, meningkatkan kualitas keselamatan serta menurunkan tingkat fatalitas korban lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.,", kata Kompol Faris

Ditambahkan dalam Operasi Patuh 2023 ini, penegakan hukum lalu lintas dilakukan dengan menggunakan E-TLE Mobile dan melakukan teguran terhadap pelanggaran dengan 7 prioritas, di antaranya penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara sepeda motor boncengan lebih dari satu orang, pengendara sepeda motor tanpa menggunakan helm SNI, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi dalam pengaruh alkohol, pengemudi yang melawan arus, dan pengemudi yang melampaui batas kecepatan.

"Operasi Patuh tahun 2023 diharapkan dapat menurunkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas dan menciptakan kondisi lalu lintas yang aman. Dengan demikian, diharapkan terwujudnya KAMSELTIBCARLANTAS yang mantap.,", imbuhnya.
Situasi aman dan kondusif tercipta setelah kegiatan tersebut. ( Rls/dpc) 
Lebih baru Lebih lama