Loading...

Camat Pinggir , Resmi Buka Musrenbang Desa Muara Basung Tahun 2023.


Muarabasung ( Detikperjuangan.com) ,  Pemerintahan Desa Muara Basung Kecamatan pinggir, Kabupaten Bengkalis melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2023.Kegiatan yang digelar di Gedung Serbaguna Nuriah Binti Sontel  Rabu,(27/09/2023) jam 9,30 WIB dibuka langsung Camat Pinggir Zama Riko Dakahanay,SSos,M.Si




Musrenbangdes  juga turut dihadiri oleh anggota DPRD Bengkalis Al-Azmi,Perwakilan Perusahaan PT.SAS Muara Basung, perwakilan Perusahaan PT,Ade, Perwakilan Pertamina/SPBU Muara Basung,Sekcam Pinggir Susanty,S.Tr, Forkopincam,Kepala Desa Muara Basung Akhyar Mukmin, SIP, Sekdes Muara Basung, Soekarno.Dan juga para  perangkat Desa, Pendamping Desa (PD), Para UPT Puskesmas Muara Basung, kepala sekolah, guru, Ketua BPD MardianSyah, beserta anggota, BUMDES, LKMD, Kadus, RT, RW, Tim penggerak PKK,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda dan tamu undangan.



Camat pinggir Zamariko Dakanahay menyampaikan bahwa musrenbangdes dilaksanankan dengan tujuan berdiskusi menampung aspirasi dan usulan masyarakat baik di pembangunan fisik maupun di pemberdayaan.

"Untuk itu musrenbangdes ini bukan hanya pembangunan saja tapi usulkan jugalah pemberdayaan karna di kabupaten itu ada 37 Dinas OPD masing masing ada anggaran nya.Saya juga mengajak supaya masyarakat untuk ikut bersinergi serta mendukung program pemerintah,",  kata Camat Pinggir. 

Selanjutnya kata Camat Zama Rico Dakanahay, DUPDes yang sudah di usulkan  akan dibawa itu pada Musrenbang Kecamatan untuk diverifikasi mana yang menjadi prioritas akan segera direalisasikan.



Dlsementara itu anggota DPRD Kabupaten Bengkalis  Al-Azmi,  menyampaikan musrenbang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk menampung seluruh usulan terkait pembangunan baik prasarana dan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, kesenian dan lingkungan.


”Kepada masyarakat melalui Ketua RT dan RW jangan bosan untuk terus mengajukan usulan pembangunan di daerahnya. Tanpa adanya usulan, pemerintah tidak akan bisa memprosesnya. Sebab usulan pembangunan harus didata dan masuk dalam sistem,”  harap Azmi 

Al Azmi mengimbau kiranya masyarakat dapat melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana  jalan-jalan tersebut di rawat sehingga bisa sama-sama dilewati oleh masyarakat  dan bisa merasakan manfaatnya.


Kades Muara Basung Akhyar Mukmin mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Musrenbang yang sudah berkenan hadir.

" Terima kasih kepada Bapak- Ibu yang sudah berkenan hadir di Musrenbang ini.Kami harapkan Musrenbang ini membawa perubahan yang lebih baik untuk desa muara basung kedepannya.,", kata Kades.


Kades juga mengingatkan masyarakat karena tahun 2024 akan dilaksanakan pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah di Indonesia, jangan sampai
Kita terpecah belah olah orang tidak bertanggung jawab.

Kemudian Akhyar menambahkan, tahun 2023 telah dianggarkan pembangunan strategis di Muara Basung Kecamatan Pinggir diantaranya, peningkatan sarana dan prasarana  mencapai 50+ M, untuk desa muara basung,kita patut Bersyukur kepada pemerintah Bengkalis perhatiannya terhadap desa  kita," Tutup Kades

Dalam acara musrenbang tersebut sekretaris desa muara basung Soekerno, selaku Tim Penyusun RKPDes 2024 dan DURKP 2025 membacakan dan menetapkan RKPdes.

Pada kesempatan ini Musrenbangdes membahas mengenai beberapa usulan prioritas,  43 Item 

Dari beberapa usulan prioritas di atas kemudian dilaksanakan penyepakatan usulan dengan melakukan penandatangan berita acara kesepakatan oleh  Kepala Desa Muara Basung, Ketua BPD Muara Basung dan Tokoh Masyarakat. (Rls/dpc)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama