Loading...

Banjir Rendam 1.108 Rumah di 11 Wilayah Pekanbaru, Ratusan Warga Mengungsi

 



Pekanbaru - (detikperjuangan.com) Pemerintah Kota Pekanbaru mencatat ada 11 lokasi banjir di Ibu Kota Provinsi Riau. Dari total titik lokasi banjir, sebanyak 1.006 kepala keluarga (KK) dan 1.108 rumah terdampak banjir.

Lokasi terendam banjir adalah Perumahan Mande Villa Jalan Cengkeh, Tangkerang Labuai, RT 001 RW 004, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Di sini ada 98 KK dan 120 rumah terendam.

Kemudian, Jalan Lembah Raya (sungai batak), Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Di sini 4 keluarga dan 4 rumah terkena dampak. Selanjutnya, Jalan Kesadaran, (Jalan Wicaksana, Jalan As Sakinah Jalan Karya Cipta) Tangkerang Labuai, RT 001 RW 010, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Di sini 160 rumah tangga dan 185 rumah terendam.

Kemudian, banjir juga merendam Jalan Sakuntala gang Kencana V, VI & VII, Tangkerang Utara, RT 015 RW Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, sedikitnya 30 KK dan 45 rumah terendam. Kemudian, Jalan Pesantren, Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. Berikut adalah 40 rumah tangga dan 60 rumah terendam.

Di Jalan Gunung Raya, Gang Arrahman, Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, terdapat 80 KK dan 80 rumah terendam.

Di Jalan Dwikora, Suka Mulia, Sail, Kota Pekanbaru, terdapat 50 KK dan 70 rumah terdampak. Kemudian di Jalan Perkasa V Rw 08 (02/08) Kelurahan Bambu Kuning terdapat 119 KK dan 119 rumah terendam.

Selanjutnya Jalan Beringin, Kecamatan Sei Sibam, Kecamatan Binawidya, menjadi lokasi terparah dengan 350 KK dan 350 rumah terendam banjir. Kemudian di Jalan Sakura, Kecamatan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, terdapat 55 KK dan 55 rumah terendam. Terakhir, Jalan Kalianda, Kecamatan Tangkerang Timur, Kabupaten Tenayan Raya, terdapat 20 KK dan 20 rumah terdampak.

Kepala BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra menjelaskan, rata-rata wilayah terdampak banjir tergenang air dengan ketinggian bervariasi. Kedalamannya antara 0,5 hingga 2 meter. 

"Kami sudah melakukan perbaikan,” kata Zarman.

Di lokasi banjir, BPBD Kota Pekanbaru menurunkan Satgas Penanggulangan Bencana dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kami juga sedang berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan Dinas Sosial Provinsi Riau. Kami juga mengimbau warga yang masih berada di dalam rumah untuk dipindahkan ke tempat pengungsian,” jelasnya.

Selanjutnya, warga juga dievakuasi dengan perahu fiber dan didirikan tenda evakuasi.

“Kami menurunkan 5 unit kapal fiber milik BPBD Kota Pekanbaru, 3 unit mobil, 4 unit sepeda motor dan 90 orang personel Satgas serta 15 orang ASN BPBD,” tuturnya.( PAS/ dpc)



FOTO : Banjir yang merendam perumahan di kota Pekanbaru, Riau.(ist)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama