4 Pria Ditangkap Nyuri Panel Surya di Kuansing, 2 Diantaranya Warga Sumut

Iklan Semua Halaman


4 Pria Ditangkap Nyuri Panel Surya di Kuansing, 2 Diantaranya Warga Sumut

Detik Perjuangan
Selasa, 20 April 2021

 

Pelaku dan barang bukti saat diamankan polisi.(ist)


PEKANBARU - Empat orang komplotan pencuri panel lampu tenaga surya pada tiang lampu peringatan tenaga surya di Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) berhasil ditangkap polisi.


Panel Surya milik Pemda setempat itu digasak para pelaku. Saat ketahuan polisi, 3 pelaku sempat kabur dan meninggalkan seorang rekannya di lokasi pencurian. Panel lampu tenaga surya yang dicuri itu seharga Rp 40 juta.


Aksi kejahatan mereka itu terjadi pada Sabtu (17/4/2021) dini hari. Tiga dari empat pelaku sempat kabur namun berhasil ditangkap polisi saat dalam perjalanan pelariannya.


Aksi pencurian tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Kala itu, warga sekitar mencurigai aksi pelaku dan melaporkan ke pihak Polsek Kuantan Mudik, Kuansing.


Mendapat laporan, jajaran kepolisian turun ke lokasi dan menemukan seorang terduga pelaku berinisial RZ yang ditinggal rekan-rekannya. Saat itu, barang bukti sebuah panel lampu tenaga surya ada pada pelaku RZ.


"Kami mendapat laporan dari saksi bernama Santos bahwa ada orang mencurigai. Anggota langsung turun ke TKP. Setelah sampai disana, anggota menemukan satu orang pelaku berinisial RZ bersama barang bukti sebuah panel," kata Kapolsek Kuantan Mudik, Iptu Faisal Aliza, Senin (19/4/2021).


Setelah diintrogasi polisi, kata Faisal, ternyata pelaku berjumlah 4 orang. Tiga pelaku lainnya mencoba melarikan diri dan meninggalkan seorang pelaku.


Petugas pun mengejar tiga terduga pelaku yang kabur meninggalkan rekannya tersebut.


"Tiga orang masing-masing, RO (28) dari Asahan Sumatera Utara, DL (41) Deli Serdang Sumatera Utara dan RH (20) dari Pelalawan mencoba melarikan diri dengan menggunakan sebuah mobil. Namun, setelah dilakukan pengejaran, ketiganya berhasil dibekuk," ungkapnya.


Dari aksi keempat pelaku tersebut, kerugian diperkirakan senilai Rp 40 juta.


Pelaku dan barang bukti saat ini berada di Polsek Kuantan Mudik untuk pemeriksaan lebih lanjut.


"Pelaku dan barang bukti telah diamankan ke Polsek Kuantan Mudik," ujar Kapolsek.