Antisipasi Pemudik, Jalur Laut Kepulauan Meranti Juga Disekat Petugas

Iklan Semua Halaman


Antisipasi Pemudik, Jalur Laut Kepulauan Meranti Juga Disekat Petugas

Detik Perjuangan
Jumat, 07 Mei 2021

 

FOTO: Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto bersama KSOP dan Polair usai memantau perairan guna mengantisipasi pemudik lewat jalur laut.(ist/Dok Polisi)

Meranti (detikperjuangan.com) - Penyekatan arus pemudik pada hari raya idul fitri 1442 H takhanya di darat, aparat kepolisian di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, juga melakukan penyekatan di laut, pada Kamis (6/5/2021) kemarin.

Dari kegiatan ini polisi menemukan dua unit speedboat beraktivitas, tapi penumpangnya adalah pekerja bukan pemudik.

Kapolres Kepulauan Meranti, Riau, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito yang memimpin langsung patroli di laut tersebut, memastikan tidak ada masyarakat yang melakukan mudik dari jalur laut.

Patroli tersebut menyisir sejumlah pelabuhan, diantaranya pelabuhan Tanjung Harapan, Pelabuhan penyeberangan Semukut-Mekong, dan pelabuhan Buton.

Saat berpatroli, Eko didampingi Kepala KSOP Selatpanjang Capt M Ridha, Kasat Intelkam Polres Kepulauan Meranti AKP Syaiful, Kasat Polair AKP Yosi Marlius SSos, dan Kapolsek Tebingtinggi Iptu Aguslan SH.

"Kita ingin memastikan tidak ada aktivitas mudik lebaran seiring kebijakan peniadaan mudik yang diberlakukan pemerintah," kata Eko, Jum'at (7/5/2021).

Dijelaskan Eko, hasil patroli di perairan Semukut terdapat speedboat DAVID 6 yang berangkat dari Sei Hiu menuju Selatpanjang dan membawa anggota PT SRL yang sedang melakukan perjalanan dinas.

Kemudian speedboat METRO 18 dari Teluk Belitung menuju Selatpanjang yang mengangkut pegawai Bank BRI yang sedang melakukan perjalanan dinas dari jalur laut.

"Selama patroli berlangsung, tidak ditemukan kapal-kapal penumpang yang masih beroperasi dari Kabupaten Kepulauan Meranti menuju keluar daerah, maupun sebaliknya. Ini dikarenakan adanya larangan kapal untuk beroperasi mulai dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021," ungkapnya.

Ia pun mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan peniadaan mudik 2021, dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19 khususnya di Kepulauan Meranti, Riau.

"Ayo kita dukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 ini, agar pandemi bisa segera berakhir," tuturnya.( PAS/ dpc)