Loading...

Gubri dan Danrem Tinjau Banjir Pekanbaru, Kucing Dalam Perahu Jadi Sorotan Publik

 

FOTO : Gubri Syamsuar bersama Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Syech Ismet saat menyelamatkan seekor kucing yang terjebak banjir Pekanbaru.(ist/dok Media Center Riau)


Pekanbaru - (detikperjuangan.com)- Gubernur Riau Syamsuar bersama Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen TNI Syech Ismet Jumat (23/4/21) meninjau banjir di Kota Pekanbaru menggunakan perahu karet BNPB.

Saat menyisir lokasi banjir, Syamsuar melihat seekor kucing yang terjebak banjir. Langsung saja, ia bersama Danrem langsung menyelamatkan dan membawanya menggunakan perahu karet.

Tinjauan banjir itu dilaksanakan Gubri dan Danrem usai melaksanakan salat Jumat. Mereka meninjau lokasi banjir di Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Jumat (23/4/2021). Lokasi ini menjadi salah satu titik banjir yang terparah.

"Tadi juga saya dan pak Danrem menyelamatkan seekor kucing yang sering kali terabaikan ketika terjadi bencana. Mohon petugas dapat memperhatikan makhluk lain yang mungkin saja masih terjebak di rumah-rumah," kata Syamsuar, dalam keterangannya, Jum'at (23/4/2021).

Di lokasi tersebut Gubri bersama petugas TNI-Polri, Badan Penanggulangan Daerah (BPBD), dan petugas terkait lainya, menggunakan perahu evakuasi membantu sejumlah warga terdampak banjir. 

Gubri mengatakan, masyarakat yang berada di Kelurahan Tangkerang Utara, Bukit Raya ini adalah salah satu wilayah yang terdampak banjir di Pekanbaru, dikarenakan intensitas hujan yang meningkat beberapa hari ini lalu. 

"Kami sudah menugaskan dinas terkait seperti BPBD dan Dinsos Riau agar selalu berada dan siaga untuk membantu masyarakat yang sementara ini diungsikan di tenda darurat," ungkapnya. 






Karena masyarakat sudah dievakuasi, lanjut Gubri, saat ini dapur umum juga sudah dibuka petugas untuk menjamin kebutuhan masyarakat terdampak banjir. 

Atas kondisi itu, Gubri berharap masyarakat dapat bersabar dalam menghadapi bencana ini. 

"Semoga bencana ini segera berakhir, dan masyarakat dapat diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini," tuturnya.

•Buka Dapur Umum


Di sisi lain, musibah banjir yang terjadi di kota Pekanbaru, membuat beberapa masyarakat terdampak dan harus mengungsi. Untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan masyarakat yang terdampak banjir, Dinas sosial (Dinsos) Riau mendirikan dapur umum. 

Kepala Dinas Sosial Riau Tengku Zul Efendi mengatakan, saat ini pihaknya baru mendapatkan permintaan bantuan untuk mendirikan dapur umum dilokasi banjir kota Pekanbaru. Sementara untuk daerah lainnya belum ada permintaan.

"Baru kota Pekanbaru yang meminta bantuan untuk pendirian dapur umum, daerah lainnya tidak ada. Mungkin karena mereka punya fasilitas dapur umum juga," kata Zul Efendi.

Selain fasilitas berupa dapur umum, pihaknya juga memiliki personel yang dapat membantu masyarakat yang terdampak banjir yakni dari Taruna Tagana. Personil tersebut siap kapan saja jika diperlukan.

"Jika ada daerah yang memerlukan kami siap kirim, termasuk posko untuk dapur umum tadi," katanya. ( PAS/ dpc)





Lebih baru Lebih lama