Loading...

Wakili Walikota Dumai,Asisten III Buka Sosialisasi Gemarikan Bagi Pasangan Pra Nikah

 



Dumai- ( detikperjuangan.com)- Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administasi Umum Dumai Muhammad Syafie, S.Sos, MSi  menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bagi pasangan pra nikah yang bertempat di Ballroom Hotel Grand Zuri, Selasa (07/09).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kota Dumai ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya bagi pasangan pra nikah untuk meningkatkan tingkat konsumsi makan ikan dalam upaya mencegah stunting sejak dini demi mempersiapkan generasi Kota Dumai bebas stunting 2021.




Untuk itu persiapan pra nikah kepada calon orang tua agar mengkonsumsi ikan ini sangat penting, karena ikan memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak, bahkan bisa mencegah stunting pada anak. 

Program ini sudah lama dicanangkan oleh Kementrian Perikanan Republik Indonesia dengan dibentuknya sebuah forum kerjasama lintas sektor yang berguna untuk mencegah stunting terutama bagi pasangan yang akan menikah serta berguna untuk melatih dan menambah wawasan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan.

Dalam sambutannya Asisten III Muhammad Syafie, S.Sos, MSi mengatakan Pemerintah Kota Dumai beserta segenap stakeholder akan terus berupaya mencegah stunting dengan cara selalu memberikan edukasi  kepada masyarakat.

"Stunting dapat dicegah sejak dini, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perikanan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan makan ikan agar terbentuknya generasi Kota Dumai yang terbebas dari Stunting", sebutnya.




Pada kesempatan itu juga Plt. Kepala Dinas Perikanan Mukhlis Suzantri, S.Hut, T, MT menjelaskan angka jumlah stunting masih menjadi perhatian Pemerintah karena ada sekitar 2 juta anak mengalami gizi buruk di Indonesia.

"Bagi pasangan pranikah untuk kualitas pemenuhan gizi ini sangat penting. Maksud dan tujuan kegiatan ini agar gemar memakan ikan karena ikan memiliki komposisi dan nutrisi yang sangat baik untuk badan. Sasarannya kegiatan ini agar peserta mengerti tau cara mengolah dan meningkatkan makan ikan demi mencegah stunting", ucapnya.

Selain dapat menekan dan mencegah angka Stunting, ikan juga kaya akan Nutrisi dan Gizi  serta memiliki beberapa Vitamin, produk ikan juga dapat dengan mudah didapatkan serta memiliki harga yang relatif terjangkau.

Turut hadir dalam kesemptan tersebut yaitu, Ketua TP-PKK, Kakan Kementrian Agama, Kepala KUA, Perwakilan BKKBN dan Pasangan Pra Nikah. (Red/dpc) 


Sumber : Diskominfotik Dumai. 
Lebih baru Lebih lama