Loading...

PHR Unjuk Gigi Inovasi Digital di Ajang Fordigi Summit 2023




Caption: Perwakilan PT Pertamina Hulu Rokan menunjukkan program pelatihan untuk pekerjaan pengeboran dan operasi hulu minyak yang berbasis teknologi Virtual Reality kepada pengunjung booth Pertamina di ajang Fordigi Summit 2023 di Jakarta (26/09).( PHR)


Jakarta, ( Detikperjuangan.com) – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai salah satu anak Perusahaan BUMN dari PT Pertamina (Persero) turut serta dalam pemanfaatan teknologi digital sebagai upaya transformasi digital di ajang Fordigi Summit 2023 pada 26-27 September 2023. PHR menampilkan dua materi pelatihan berbasis teknologi Virtual Reality (VR) bernama DRILL-IT (Drilling Rig Inspection Tools Simulator) dan Safety Lifting Operation 3D Simulation.

Kedua program didemonstrasikan di dalam booth Pertamina selama dua hari acara. Kedua pelatihan berbasis VR ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh pekerja di operasi PHR yang berada di Wilayah Kerja (WK) Rokan, Riau sebelum turun ke lapangan. Kedua modul pelatihan ini juga merupakan pengembangan dari kerja sama PHR yang menggandeng perguruan tinggi lokal Riau dan nasional, Politeknik Caltex Riau dan Institut Teknologi Bandung.

“PHR menggunakan teknologi VR dalam pelatihan dan upskilling demi meningkatkan kinerja dan pembelajaran keselamatan kerja di Perusahaan. Melalui adopsi teknologi Virtual Reality (VR), pelaksanaan pelatihan dengan skenario yang kompleks dan risiko tinggi bisa dilaksanakan lebih aman, lebih user-friendly, lebih cepat dipahami, dan lebih efisien di lingkungan yang terkontrol (controlled environment),” ujar Executive Vice President Business Support PHR Irfan Zaenuri. 

“PHR ingin menjadi perusahaan migas paling adaptif dalam pengembangan teknologi VR di sektor energi. Penggunaan teknologi VR dalam pelatihan di PHR merupakan kolaborasi yang nyata dalam membangun sinergi untuk mendukung terwujudnya pembangunan pemerintah,” lanjut Irfan.

Sejalan dengan visi menjadi penggerak pengembangan teknologi strategis, Forgidi Summit 2023 mendorong kolaborasi antara BUMN, perusahaan teknologi swasta global maupun nasional dan juga kolaborasi dengan para talenta digital di berbagai perguruan tinggi serta memberikan wawasan mengenai tantangan dan peluang dalam dunia transformasi digital saat ini.

Dalam sambutan di pembukaan Fordigi Summit 2023, Tedi Bharata, Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN menyampaikan, “Acara ini selaras dengan prioritas Kementerian BUMN khususnya dalam kepemimpinan teknologi. Dengan ini harapannya BUMN dapat mengoptimalkan percepatan dan implementasi atas transformasi digital serta berkontribusi pada kemajuan ekonomi digital di Indonesia.”

Forum Digital Indonesia BUMN atau Fordigi BUMN merupakan forum yang dibentuk oleh Kementerian BUMN agar bisa menjadi wadah bagi pakar di BUMN dalam upaya menjadi organisasi yang berkelas dunia khususnya di bidang teknologi informasi dan  digital.

# # # # # #
 
TENTANG PHR WK ROKAN
 
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah  Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.( Rlsphr/dpc) 
Lebih baru Lebih lama