Loading...

Pemprov Riau Buka Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi, Ini Syarat-Syaratnya

 



 

Pekanbaru -(detikperjuangan.com) - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) telah membentuk Tim Anggota Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau periode 2021-2025. Melalui Tim Seleksi ini, telah diumumkan pendaftaran bagi warga yang berminat menjadi Komisioner KI Riau.

Tim Anggota Seleksi membuka pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Riau tahun 2021, berdasarkan pasal 30 ayat 2 Undang- undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Keputusan Gubernur Riau nomor kpts 485/IV/2021 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi periode tahun 2021-2025.

Dijelaskan Ketua Tim Seleksi, Dr Syafri Harto, M.Si, bahwa pihaknya telah mengumumkan pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Riau, melalui surat pengumuman
nomor 002/Timsel-KI/V/2021.

"Persyaratan umumnya adalah warga negara Indonesia, memiliki integritas tidak tercela, tidak pernah dipidana, karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana 5 tahun atau lebih, memiliki pengalaman di bidang keterbukaan informasi publik dari hak manusia dan kebijakan publik," kata, Dr Syafri Harto, Rabu (2/6/2021) melalui keterangan resmi.

Selain itu persyaratan umum lainya Syafri Harto menjelaskan, yakni memiliki pengalaman aktivitas badan publik, bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam badan publik apbila diangkat menjadi Anggota Komisi Informasi Riau, Bersedia bekerja penuh waktu, Berusia sekurang-kurangnya 35 tahun pada saat mendaftar, dan sehat jiwa raga. Kemudian, juga ada syarat khusus yang harus dilampirkan saat mendaftar, adalah:

1. Surat pendaftaran sebagaimana form yang telah ditetapkan ditandatangani di atas materai

2. Daftar riwayat hidup sebagaimana form yang telah ditetapkan

3. Foto berwarna terbaru ukuran 4x5 latar belakang merah sebanyak 4 lembar.

4. Salinan KTP wilayah Provinsi Riau

5. Asli dan satu lembar fotocopy surat keterangan kepolisian tidak pernah dipidana karena melakukan tidak pidana yang ancaman dengan pidana 5 tahun atau lebih.

6. Surat pernyataan bersedia mengundurkan diri dari keanggotaan dan jabatan di badan publik dan/atau partai politik apabila diangkat menjadi anggota KI, sebagaimana form yang telah ditetapkan dan ditandatangani di atas materai.

7. surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu ditandatangani di atas materai

8. Asli dan 1 lembar fotocopy

a. Surat keterangan sehat jasmanai dari rumah sakit pemerintah,

b. Surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor dan zat adiktif lainnya dari rumah sakit.

c. Surat keterangan sehat rohani dari Rumah Sakit Jiwa (apabila peserta telah lulus tes wawancara dan namanya dikirim ke DPRD Riau).

9. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir pejabat yang berwenang.

Teknis Pendaftaran

Bagi calon pendaftar bisa mendaftar dengan mendapatkan formulir kelengkatan administrasi persyaratan dengan mengunduh di www.timselkiprov2021.riau.go.id. Untuk pengumuman juga dapat dilihat di www.diskominfotik.riau.go.id.

Pendaftaran berikut dokumen lampiran dikirim melalui jasa POS ke Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Riau di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau jalan Diponegoro No. 24 A Pekanbaru. Atau secara langsung ke Kantor Sekretariat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau pada jam kerja. Setiap penyerahan berkas/pendaftaran dibuktikan dengan tanda terima. Waktu penerimaan dokumen pendaftaran mulai tanggal 7 Juni 2021 dan ditutup tanggal 18 Juni 2021 (stempel pos).

Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan Seleksi Anggota Komisi Informasi Provinsi Riau tahun 2021 adalah sebagai berikut:

Pengumuman tanggal 2-4 Juni 2021, dan tahapan penerimaan berkas tanggal 7-18 Juni 2021. Selanjutnya pemeriksaan berkas dan kelengkatan dilakukan tanggal 24-25 Juni 2021, dan pengumuman lulus administrasi tanggal 28-30 Juni 2021. Tes potensi bagi peserta yang lulus administrasi dilakukan tanggal 1 Juli 2021, dan pengumuman hasil tes potensi tanggal 6 Juli 2021. Sedangkan uji publik dilakukan mulai tanggal 7-27 Juli 2021.

Pengumuman untuk mengikuti tes psikotes dan dinamika kelompok dilakukan tanggal 8 Juli 2021, pelaksanaan tes tanggal 28 Juli 2021. Tahap wawancara oleh Tim Seleksi digelar tanggal 5-6 Agustus 2021, dan hasilnya diumumkan 9 Agustus 2021. Selanjutnya, tahap pembuatan makalah oleh peserta yang dinyatakan lulus hingga tahap wawancara dilakukan tanggal 9-16 Agustus 2021. ( PAS/dpc).
Lebih baru Lebih lama