Loading...

Kembangkan IKM,Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis Sharing ke Kabupaten Limapuluh Kota Sumbar


Bengkalis (detikperjuangan.com) - DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berupaya untuk meningkatkan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bengkalis agar dapat lebih maju dan berkembang.

Berkenaan dengan hal tersebut Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sharing bersama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat untuk saling bertukar pikiran terkait pembinaan dan pengembangan pelaku IKM di Kabupaten Bengkalis, pada Kamis (07/04/2022).

Wakil Ketua Komisi III Surya Budiman mengatakan bahwa di dalam pengembangan IKM (Industri Kecil Menengah) ada peran serta pemerintah untuk mendorong pelaku usaha memajukan usaha-usaha yang dikelola oleh masyarakat khususnya pembinaan industri di bidang agro industri, tenun dan makanan.



" Saya berharap dengan adanya pertemuan ini bisa menambah wawasan kita dalam mengembangkan IKM (Industri Kecil Menengah) yang ada di Kabupaten Bengkalis dengan melakukan pembinaan dan pengembangan yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

Selain itu, Sekretaris Komisi III H. Asmara mengatakan, untuk teknik pemasaran barang yang diproduksikan seperti pakaian, minuman, tenun yang berbagai motif dan lain-lainnya ini perlu ditingkatkan, sehingga para pelaku industri dapat menyiapkan diri untuk memaksimalkan peluang yang muncul.

H. Jasmi menambahkan, dengan adanya pembinaan dan pengembangan usaha-usaha yang ada di Kabupaten Bengkalis juga bisa mengurangi tingkat pengangguran dengan memberikan motivasi-motivasi yang bisa membangkitkan pelaku usaha untuk memajukan usaha yang ada di daerah-daerahnya masing-masing.

Seperti usaha kain tenun yang ada di Kabupaten Bengkalis yang sudah ada kelompok-kelompok usaha, dengan begitu perlu ada pembinaan lebih dalam lagi untuk memajukan dan mengembangkan pembuatan kain tenun tersebut karena wilayah Kabupaten Begkalis merupakan negeri melayu yang umumnya menggunakan kain tenun, seperti pesta pernikahan dan hari-hari besar lainnya. Dengan begitu perlu peningkatan lagi kedepannya, baik dari segi bahan maupun motifnya yang bisa menarik konsumen untuk membeli sesuai dengan visi misi Kabupaten Bengkalis menjadi daerah yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," jelas Jasmi.


Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Lima Puluh Kota Fery Chofa, SH., LLm melalui Kabid Zulfami dan Kasi Pak Ujang, menjelaskan secara rinci program dan pencapaian yang telah dan akan dilakukan Pemerintah Kab. Lima Puluh Kota dalam pembinaan dan pengembangan IKM.

Turut hadir dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis Muhammad Fadlul Wajdi yang ikut menyampaikan terkait Program-program dan Pengembangan IKM.( Hmsdprdbkls/dpc)

Lebih baru Lebih lama