Loading...

Membumikan Al Qur'an di Tanah Melayu, Ribuan Warga Ngaji Bareng di Trotoar

 


PEKANBARU ( detikperjuangan.com) Lantunan ayat suci Al-Quran bergema dari sudut jalan Diponegoro, kota Pekanbaru. Ribuan masyarakat yang berasal dari Pekanbaru hingga luar daerah itu berkumpul untuk bareng-bareng membaca kitab suci Al-Quran, Minggu (17/4/2022) pagi.

Kegiatan bertajuk membumikan Al-Quran di Tanah Melayu tersebut digelar oleh Riau Mengaji bersama Badan Wakaf Al-Quran (BWA). 

Ada sebanyak 3000 lebih masyarakat dari kalangan muda hingga tua ikut berpartisipasi dalam kegiatan syiar agama tersebut. 

Ngaji bareng sekaligus tausyiah itu digelar di trotoar jalan Diponegoro, mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Hadir juga Anggota DPR RI, Achmad.

Inisiator Riau Mengaji, dr Diana Tabrani mengatakan, bahwa acara ini terinspirasi dari kegiatan mengaji yang digelar di Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Ya, jadi yang di Malioboro itu sangat  menginspirasi. Maka itu kita kumpulkan kawan yang sefrekuensi, mereka senang dan ustad-ustad juga mensupport sehingga kegiatan ini terlaksana," kata dr Diana Tabrani, kepada Suara.com, Minggu (17/4/2022).

Acara ngaji di trotoar tersebut, menurut Diana merupakan suatu yang baru, dan bukan jadi suatu masalah. Sebab ngaji bisa dilaksanakan di mana saja, tidak hanya di rumah dan masjid, apalagi tujuannya buat mengajak atau syiar.

Makanya lewat kegiatan ini juga, pihaknya mengajak kaum muslim di tanah Melayu Riau untuk membumikan dan mencintai Al-Quran. Diana menyebut Riau itu identik dengan islam, maka itu kegiatan Riau Mengaji juga harus ditanamkan di Riau.

"Jadi intinya kenapa dibuat di Diponegoro, karena ini jalan utama di Pekanbaru. Biasa hanya dipakai orang jalan-jalan saja, kebut-kebut hingga pacaran. Makanya terfikir kenapa gak jadi tempat syiar, kan bisa dimana saja. Dan ternyata di trotoar ini peminatnya luar biasa padahal persiapannya hanya 2 minggu," tuturnya.

"Semboyan kita membumikan Al Qur'an di tanah Melayu, jadi tak ada lagi orang Melayu yang tak bisa baca Al Quran," tambahnya, optimis.

Di samping itu, Riau Mengaji juga menyediakan guru-guru untuk siapa saja yang ingin belajar. Pihaknya siap mengirimkan guru untuk belajar membaca Al Qur'an agar fasih.

Kegiatan Riau Mengaji tersebut juga akan menyasar ke Kabupaten dan Kota lain di Provinsi Riau.

"Kegiatan ini perdana di Pekanbaru, yaitu Riau mengaji. Ke depan rencana kita insyaallah akan buat di kab/kota se Riau. Misal ada Tembilahan Mengaji, Dumai Mengaji, Bagan Mengaji, Meranti Mengaji, Bengkalis Mengaji dan sebagainya. Itu program jangka panjangnya," ungkapnya.( PAS/dpc)
Lebih baru Lebih lama