Loading...

Bupati Rokan Hilir Buka Rakerda Gerakan Pramuka

 



Rokan Hilir (detikperjuangan.com) Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir daerah gerakan Pramuka Riau tahun 2022 dipusatkan di ibu kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil). Rakerda tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong,SIP.,dan dihadiri seluruh Kwarcab Kabupaten Kota se Provinsi Riau, Jumat (27/5/2022) malam.

Rakerda yang digelar di Gedung Misran Rais tersebut juga dihadiri Ketua Kwartir daerah 04 gerakan Pramuka Riau H Kasiarudin SH, Mabida Riau diwakili Prof. Dr. Soeardi MS, Ketua Kwarcab 0410 Gerakan Pramuka Rohil Drs. H. Surya Arfan, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani, Sekda Rohil Fery H Parya serta beberapa unsur lainnya. 

Ketua Kwartir daerah 04 Gerakan Pramuka Riau H Kasiarudin dalam sambutannya  menyampaikan bahwa, pelaksanaan Rakerda kali ini merupakan kali pertama digelar pasca Musdalub lalu dengan menghasilkan beberapa keputusan dalam rangka pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di daerah Riau.



Seperti kita ketahui lanjutnya, Rakerda khawatir daerah gerakan Pramuka Riau dilaksanakan setiap tahun sekali untuk saling dapat bertemu muka serta bertukar pikiran antara kwartir daerah dengan kwartir cabang ke daerah Riau sebagaimana diatur dalam ketentuan dan petunjuk yang berlaku.

Tahun 2022 katanya, adalah tahun kerja ketiga masa bakti Kwarda Riau 2019-2024. Tentunya telah banyak program-program yang telah dilaksanakan dan dijalankan oleh pengurus Kwarda Riau dengan segala kemampuan dan kendala yang dihadapi oleh para pengurus terutama masalah situasi dan kondisi saat ini seluruh dunia menghadapi pandemi covid 19.

Adapun rapat kerja daerah kwartir daerah 04 gerakan Pramuka Riau tahun 2022 ini dilaksanakan dengan tujuan, untuk mengadakan masukan, saran dan evaluasi terhadap program kerja tahun 2022 yang tengah di jalankan serta persiapan-persiapan beberapa kegiatan.



'Diharapkan penyusunan program kerja gerakan Pramuka Riau dapat sejalan dan searah dengan program gerakan Pramuka kwartir cabang sedaerah Riau yang kita susun bersama ini," katanya. 

Semakin ke depan sebutnya, tugas yang diemban oleh gerakan Pramuka sangatlah berat. Apalagi, telah dicanangkannya revitalisasi serta ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah dalam tubuh gerakan Pramuka yang menuntut program-program yang kreatif bagi pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Rohil, Kwarcab Rohil yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakerda.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta rapat kerja daerah gerakan Pramuka 04 Riau di kota Bagansiapiapi.

Selaku Ketua majelis pembimbing cabang, Bupati menyambut baik diselenggarakannya Rakerda di Rohil. Momentum rapat kerja daerah gerakan Pramuka ini sebutnya, sangat strategis karena sebagaimana kita maklum bersama sejak negara kita bahkan dunia di dera oleh pandemi covid 19 sejak tahun 2020 yang lalu, sangat terbatas kegiatan kepramukaan baik tingkat Kwarda, Kwarcab, Kwarran maupun di tingkat sekolah.

"Kegiatan kepramukaan lebih dalam membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan baik dalam memberi bantuan masker maupun hand sanitizer," paparnya. 



Di sisi lain tambah Bupati, menghadapi tantangan di era globalisasi abad ke-21 ini penduduk Indonesia tidak terkecuali Riau maupun Rohil bahkan di pelosok-pelosok desa terutama generasi muda sedang mengalami masa perubahan yang sangat besar dan mendasar.

Tantangan globalisasi yang sangat dahsyat, kemajuan teknologi dan informatika yang sangat pesat bahkan melampau batas-batas negara, banyak orang yang sukses karena kemajuan teknologi tapi tidak sedikit pula yang hancur karena teknologi.

"Bukan teknologi yang menjadi masalah, tapi manusianya yang salah dalam memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada. Betapa banyak generasi muda kita yang tergelincir dalam narkoba, pergaulan bebas serta permainan judi game online dan sebagainya," sebut Bupati. 

Oleh sebab itu katanya lagi, melalui Rakerda gerakan Pramuka 04 Rio tahun 2020 ini, Ia berharap munculnya program kegiatan strategis dalam pembinaan anggota pramuka agar setiap orang yang berada di kepramukaan mampu menjadi pelopor dan penggerak baik di lingkungan keluarganya masyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apalagi sebutnya, mulai tahun ajaran baru di sekolah nanti pada bulan Juli 2022, sebagian sekolah sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka sebagaimana perubahan dari kurikulum 2013.

Perubahan yang paling esensial dari kurikulum merdeka tersebut adalah terwujudnya "profil pelajar Pancasila".  profil pekerjaan Pancasila dimaksudkan untuk menguatkan karakter bangsa menyiapkan generasi masa depan yang unggul dan mampu menjawab tantangan masa kini dan masa yang akan datang.

"Untuk itu melalui rakerda ini mari kita dorong para pembina Pramuka yang berada di garis terdepan untuk menjadi sahabat ataupun teman bagi adik-adik atau peserta didik dalam mengatasi persoalan masa pandemi ini untuk mempersiapkan diri menuju masa depan yang lebih baik," pungkasnya.(Tutur s/.dpc)
Lebih baru Lebih lama