Loading...

Bupati Bengkalis Sambut Kunker KASAD TNI di Desa Kesumbo Ampai Sekaligus Launching Program Hanpangan Nasional



Bathin Solapan ( Detikperjuangan.com)  - Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI dr. Dudung Abdurachman telah melakukan kunjungan kerja (Kunker) sekaligus melaunching Program Ketahanan Pangan bersama Forkopimda se- Provinsi Riau kerjasama TNI Angkatan Darat-PT. Pertamina Hulu Rokan dan Poktan Suku Sakai di wilayah Kodam I/BB, Rabu 14 September 2022, Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan.


Kedatangan rombongan Kepala Staf Angkatan Darat langsung disambut oleh Danrem 031/WB Brigjen Parlindungan Hutagalung, Dandim 0303/ Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H, Bupati Bengkalis, Forkompinda dan masyarakat.

Tiba lokasi sekitar pukul 10.15 WIB mengunakan helipad, Kasad bersama rombongan disambut dengan tarian pawong dari masyarakat Suku Sakai Desa Kesumbo Ampai.

Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan selamat datang kepada Jenderal Bintang Empat tersebut ke wilayah Kabupaten Bengkalis tepatnya di Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan.


"Alhamdulillah wilayah kita di kunjungi Kasad dalam rangka kunker dan peluncuran Program Ketahanan Pangan," ungkap Bupati.

Kasmarni menjelaskan bahwa Program Ketahanan Pangan tersebut merupakan hasil kerja sama antara TNI AD dengan PT. Pertamina Hulu Rokan dan Poktan Suku Sakai di wilayah Kodam I/Bukit Barisan tepatnya di Desa Kesumbo Ampai.

Ia juga menyampaikan bahwa ketahanan pangan sangat penting bagi masyarakat, khususnya masyarakat di pedesaaan.

Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Pak Kasad yang sudah mencanangkan program pertahanan pangan yakni bibit jagung seluas 10 hektar di wilayah Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan,"ucap Kasmarni.


Menurutnya, ketahanan pangan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan ketersediaan pangan dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada secara maksimal.

Apalagi lahan pertanian banyak dialih fungsikan untuk perkebunan sawit sehingga mengakibatkan ketersediaan pangan bagi masyarakat setempat menjadi kurang maksimal.

"Mudah-mudahan dengan dilakukannya peluncuran oleh Kasad ketahanan pangan di wilayah Kodim 0303/Bengkalis akan semakin membaik sehingga bisa menjadikan daerah ini swasembada pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan,"ucapnya.



Kasmarni mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan TNI sebagai antisipasi ketahanan pangan di daerah.

"Mari bersama-sama berkolaborasi antara TNI, pemerintah, dan masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional,"pungkasnya.

Usai menanam benih jagung secara simbolis Kasad bersama Forkopimda se-Provinsi Riau langsung menyapa masyarakat yang hadir kala itu.

Turut mendampingi Bupati Bengkalis Dandim 0303 Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Kajari, Pengadilan Negeri dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. ( Rls/dpc)


Lebih baru Lebih lama