Loading...

Pemcam Rupat Utara Rakor Persiapan Tradisi Mandi Safar

 


Rupat Utara ( Detikperjuangan.com) – Pemerintah Kecamatan ( Pemcam)  Rupat Utara Kamis (1/9/22) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mematangkan persiapan Mandi Safar yang akan  digelar beberapa Minggu mendatang.

Bertempat di Anting Putri Desa Tanjung Punak rakor dihadiri  Camat Rupat Utara Afrizal ,Para kasi, Kepala UPT, Kepsek, TP-PKK, Kades Se-Kecamatan Rupat Utara serta Tokoh Masyarakat. 

Camat Rupat Utara Afrizal, menerangkan bahwa puncak pelaksanaan tradisi mandi safar itu akan mengambil lokasi di Pantai Lapin, Desa Tanjung Punak.  




“Perlu kita matangkan persiapan dan kita evaluasi apa saja kekurangan di tahun lalu, mengingat pada pelaksanaan tahun ini akan ada peserta luar yang akan hadir," ungkapnya.

Dengan demikian, dikatakan Afrizal, acara ini harus kita kemas dengan menarik, sehingga keinginan para pelancong untuk mengenal tradisi turun temurun dan bisa membekas dan menjadi ingatan yang berkesan bagi mereka. 

“Kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk menyemarakkan acara ini, semoga kegiatan ini  lebih kepada menjaga tradisi, demi mewujudkan Pulau Rupat yang berbudaya,” pungkasnya.




Untuk diketahui, tradisi Mandi Safar ini merupakan salah satu tradisi Melayu yang dilaksanakan dengan cara mandi dan membersihkan diri serta bermohon kepada Allah SWT, dengan maksud untuk memohon perlindungan serta menjauhkan diri dari segala bentuk bala bencana.( Rls/dpc)
Lebih baru Lebih lama