Loading...

Geliat Pembangunan Jalan Desa Harapan, Bangkitkan Ekonomi dan Majukan UMKM

Kondisi Jalur Dua Desa Harapan Duri yang semakin indah dan tertata rapi berkat sentuhan pembangunan oleh Pemkab Bengkalis.(Johnson)


Pembangunan jalur dua di Jalan Desa Harapan, Duri, Kabupaten Bengkalis tak hanya memajukan infrastruktur, namun juga membawa efek ganda bagi masyarakat. Selain tata kota yang makin rapi, ekonomi masyarakat dan para pelaku UMKM juga makin bergeliat.

Laporan : JOHNSON SIAHAAN

PEMERINTAH Kabupaten Bengkalis menyadari, salah satu aspek kemajuan daerah harus ditopang dengan infrastruktur yang memadai. Lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), jalur dua Jalan Desa Harapan Duri berhasil disulap menjadi lebih baik. 

Jalan penghubung dalam kota yang awalnya sempit, kini sudah diperlebar dengan dibangunnya dua jalur, plus pembatas jalan yang berhasil memperindah tata kota. 

Alhasil, kota penghasil migas tersebut menjadi lebih rapi, para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bermastautin di wilayah tersebut juga kecipratan berkah. Gerai-gerai jajanan, kuliner hingga coffe shop makin ramai dipadati pengunjung. 

Ini merupakan salah satu multiplier effect yang dihasilkan berkat infrastruktur yang diperbaiki. Tak jarang, gerai-gerai yang buka hingga larut malam tersebut mendapatkan peningkatan omzet yang cukup signifikan. 

"Sekarang semakin ramai, banyak masyarakat yang makin rajin mengunjungi usaha kami. Omzet juga turut meningkat saat ini," ujar Dayu, salah satu pedagang di lokasi, Jumat (17/2/2023). 

Tak hanya itu, ramainya lokasi tersebut juga semakin indah dengan hiasan lampu dari gerai-gerai pelaku usaha yang berada di sekitar jalur dua desa harapan Duri. 

Kawasan ini juga semakin diminati para pelaku usaha dengan membuka gerai-gerai baru. Mereka melihat potensi berkembangnya usaha berkat pembangunan infrastruktur tersebut. 

Di lokasi, terdapat gerai-gerai baru seperti pusat permainan anak-anak, hingga beraneka ragam usaha kuliner mulai dari Seafood, Ramen, Pizza, Hotplate, Pempek, busana dan sebagainya. Itu semua merupakan usaha rintisan warga yang tertarik dengan lokasi yang sangat strategis. 

"Potensinya cukup besar, jadi tidak sia-sia memilih lokasi usaha di sini, apalagi didukung jalan dan tempat yang memadai," kata Dayu. 

Prospek pembangunan jalur dua tersebut memiliki umur rencana bangunan 20 tahun. Pemkab Bengkalis membangun dengan panjang 1.547 meter, dan lebar jalan 9 meter pada 2022 lalu. 

Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar 12 miliar lebih untuk pemerataan pembangunan bagi masyarakat di Jalan Desa Harapan, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, tersebut. 

Camat Mandau, Riki Rihardi yang merupakan perpanjangan tangan Bupati Bengkalis, Kasmarni menyampaikan, hajat pemerintah tersebut dengan tujuan agar memperoleh tata kota yang makin bagus dan tertata rapi. 

"Pembangunan ini agar wilayah kita semakin bagus dan rapi, juga meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas," kata Camat. 

Bupati Bengkalis, Kasmarni.


Cikal Bakal Car Free Day

Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga menargetkan, kawasan ini akan menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat, seperti car free day. Sebab, jalur dua Desa Harapan tersebut sudah semakin indah dan rapi berkat inisiasi Bupati Kasmarni. 

Camat Mandau, Riki Rihardi menambahkan, dengan adanya jalan dua jalur itu, pihaknya menargetkan Kecamatan Mandau ini punya wilayah untuk salah satu kegiatan kemasyarakatan seperti car free day tersebut. 

"Disitu manfaatnya bagaimana nanti bisa mengembangkan UMKM, Sehingga warga setiap minggunya atau setiap bulannya ada kegiatan positif dan ramai di lokasi, sehingga efeknya menaikkan omset pelaku usaha dengan sendirinya," katanya. 

Untuk memulai niat mulia ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Kecamatan Mandau telah memulai kegiatan Sehari Boga yang menjadi cikal bakal terbentuknya kegiatan masyarakat Car Free Day di wilayah tersebut. 

Camat Mandau, Riki Rihardi.


Berdampak Positif Bagi Pelaku UMKM

Tak hanya Dayu, para pelaku UMKM yang berada di sekitar Jalan Desa Harapan juga merasakan hal serupa. Misalnya Siti Harmila, pelaku usaha coffee shop ini merasakan peningkatan omzet berkat pembangunan kawasan jalur dalam kota tersebut. 

Menurutnya, pembangunan jalan itu telah membawa dampak positif, sehingga semakin rapi dan tertib. 

"Saya selaku pengusaha di Jalan Desa Harapan Mandau sangat mendukung program pemerintah Bengkalis dalam membangun jalur dua ini. Berkat jalur yang bagus dan mulus, omzet pedagang seperti kami turut meningkat," katanya. 

Dirinya berharap kepada pihak pemerintah untuk mewujudkan dan segera merealisasikan  wacana menjadikan Jalan Desa Harapan sebagai pusat Car Free Day, sebab hal tersebut akan membawa dampak positif yang lebih besar lagi bagi masyarakat setempat. 

"Harapan kedepan selain pembangunan jalan dilanjutkan dengan pembangunan taman dengan menanam pohon pelindung jalan, agar lebih nyaman bagi pengunjung yang datang untuk menikmati berbagai menu kuliner yang dipesan," tuturnya. 

Jalur Dua Desa Harapan Duri.

Sementara Bupati Bengkalis, Kasmarni mengalokasikan pembangunan jalan tersebut untuk meningkatkan roda ekonomi masyarakat. Hal ini selaras dengan upaya Pemkab Bengkalis dalam mewujudkan Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa). 

Di sisi lain, Bupati Kasmarni juga mengingatkan kepada masyarakat untuk sama-sama merawat dan menjaga jalanan tersebut. Serta memanfaatkannya dengan hal-hal positif, sehingga tidak timbul kecelakaan lalu lintas dan gangguan kamtibmas lainnya.***
Lebih baru Lebih lama