Loading...

Bupati Bengkalis Buka Bimtek Bagi UPZ Masjid dan Musollah se Kecamatan Bengkalis


Bengkalis ( Detikperjuangan.com) - Guna meningkatkan serta menambah wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas Pengurus UPZ Masjid dan Mushalla, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis menggelar Bimtek bagi UPZ Masjid dan Mushalla se-Kecamatan Bengkalis, Senin (26/2/2024) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut tersebut, secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis, Andris Wasono.

Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis, Andris mengungkapkan, kami melihat pengumpulan dan pengelolaan zakat oleh Baznas Kabupaten Bengkalis, terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ketahun, tentunya kami berharap, kedepannya, kinerja Baznas ini akan terus membaik dan berprestasi, melalui berbagai terobosan dan inovasi, agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah di Negeri Junjungan ini bisa kita optimalkan.



"Besarnya potensi zakat yang kita miliki saat ini, tentunya tidak akan terkelola sendiri oleh komisioner Baznas yang personilnya cukup terbatas. Akan tetapi, segala potensi tersebut, tentunya dapat kita optimalkan, jika adanya sinergi serta dukungan penuh dari para amil yang berada di unit pengumpul zakat baik di kecamatan, desa, kelurahan, Masjid dan Mushalla, serta tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya," ujarnya.

Kemudian Andris menekankan, keberadaan Bapak/Ibu sebagai pengurus UPZ masjid dan mushalla perlu kita tingkatkan kompetensinya melalui bimbingan tekhnis ini, agar kedepannya pengurus UPZ Masjid dan ‘ushalla memiliki kemampuan lebih terkait pengumpulan zakat, infaq dan sedekah, sehingga dapat mengerahkan segala tenaga dan pikirannya serta dapat melakukan operasionalisasi zakat, infaq dan sedekah menjadi lebih baik. Agar apa yang menjadi tujuan dari zakat, infaq dan sedekah sebagai salah satu solusi dalam mengatasi berbagai problematika kemiskinan dan kesenjangan sosial ditengah masyarakat dapat kita lakukan secara sistematis. Apatah lagi, selama ini mungkin pengurus Masjid dan Mushalla hanya memahami zakat dalam konteks zakat fitrah saja.



"Kepada pengurus UPZ Masjid dan Mushalla kami berharap, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan semangat, agar kedepannya dapat lebih berdaya dan berhasil guna. Laksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus UPZ secara ikhlas, cerdas dan tuntas dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat. Gali terus potensi zakat yang berada di wilayah kerjanya masing-masing, sehingga tujuan zakat benar-benar dapat kita lakukan dan kita berdayakan," Pungkasnya. ( Inf)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama